Kamis, 29 Maret 2012

angket kebutuhan


A.  instrumen analisis kebutuhan :

ANGKET KEBUTUHAN MATERI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
SISWA SMA/MA


Petunjuk :

      Berikut ini terdapat sejumlah materi layanan bimbingan dan konseling yang dapat diberikan kepada siswa. Anda diminta untuk memberikan ceklist (v) pada kolom di samping setiap butir materi sesuai dengan kebutuhan Anda terhadap materi itu. Tidak ada jawaban salah atau benar, yang penting adalah bagaimana kejujuran Anda dalam menjawab setiap butir materi sesuai dengan kebutuhan Anda. Angket ini sama sekali tidak dimaksudkan untuk menilai kemampuan Anda, sehingga tidak ada hubungannya atau mempengaruhi penilaian hasil prestasi belajar Anda.

      Anda diminta untuk mengisi semua nomor tanpa ada yang terlewat. Untuk menyelesaikan angket ini tidak ada batas waktu tertentu, tetapi Anda diharapkan untuk menyelesaikan secepat mungkin. Juga jangan lupa menuliskan identitas Anda pada tempat yang telah disediakan.



Contoh :

No.
Jenis Materi Layanan
Klasifikasi Jawaban
S
C
K
1
Cara Belajar Efektif dan Efisien



2





Apabila Anda menganggap materi cara belajar efektif dan efisien penting dan anda sangat membutuhkan materi itu beri ceklist (v) pada kolom S. Apabila Anda menganggap maateri itu kurang penting dan Anda kurang membutuhkan beri ceklist (v) pada kolom C. Dan apabila Anda menganggap materi itu tidak penting dan Anda tidak membutuhkan beri ceklist (v) pada kolom K.
 
 
















Pernyataan Angket :   Pribadi

No.
Jenis Materi Layanan
Klasifikasi Jawaban
S
C
K
1
Kebiasaan hidup yang berperilaku positif



2
Kebiasaan hidup menjalankan perintah agama yang di anut



3
Kebiasaan hidup yang mencerminkan toleransi beragama



4
Hormat menghormat sesama manusia



5
Memiliki toleransi beragama



6
Berperilaku sesuai dengan ajaran agama



7
Mengkaji keagamaan yang dianut



8
Mengidentifasikan kegiatan keagamaan yang dianut



9
Mengaplikasikan kegiatan keagamaan dalam kehidupan sehari-hari



10
Mendeskripsikan tentang kaidah-kaidah keimanan terhadap Tuhan Yang Maha Esa



11
Mengidentifikasikan ciri orang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa



12
Contoh-contoh penerapan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa di rumah



13
Contoh-contoh penerapan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa di sekolah



14
Memahami etika dalam bergaul antara wanita dan pria



15
Perasaan wanita lebih peka dari pria



16
Nilai-nilai teman sebaya



17
Perkembangan psikoseksual remaja



18
Pacaran merupakan proses kedewasaan



19
Memahami dan menyadari teman mampu memberi aset dalam  mencapai cita-cita



20
Memahami beberapa konsep hidup sederhana dari pergaulan teman sebaya selama 3 tahun



21
Menjadi remaja ideal sebagai pria dan wanita menjelang awal remaja



22
Memahami jenis pekerjaan sesuai dengan peranan jenis kelamin



23
Memahami kesadaran pada posisi yang umum tanpa membedakan jenis kelamin



24
Menjalin hubungan tanpa memperhatikan jenis kelamin mempercepat kematangan siswa



25
Pacaran yang sehat dan bisa memotivasi belajar



26
Ciri-ciri (karakteristik) remaja



27
Problem-problem remaja dan cara mengatasinya



28
Ciri-ciri perkembangan jasmani pria dan wanita



29
Perbedaan perkembangan jasmani pria dan wanita



30
Pemahaman tentang norma agama



31
Makanan yang mengandung empat sehat lima sempurna



32
Olah raga yang teratur



33
Keseimbangan antara bekerja dan istirahat



34
Perkembangan jasmani pada pria dan wanita



35
Mencari cara-cara hidup sehat



36
Mendeskripsikan cara-cara hidup sehat



37
Mengenal alat-alat yang membahayakan jasmani



38
Jenis-jenis penyakit yang membahayakan kesehatan jasmani



39
Jenis alat-alat yang membahayakan jasmani



40
Membedakan alat-alat yang membahayakan dan bermanfaat bagi kesehatan jasmani



41
Kebiasaan hidup sehat yang berperilaku positis



42
Kebiasaan hidup yang mencerminkan toleransi beragama



43
Kebiasaan hidup menjalankan agama yang di anut



44
Kebiasaan hidup yang mencerminkan toleransi beragama



45
Mengagumi kebesaran Tuhan melalui ciptaannya



46
Mengikuti kegiatab beragama



47
Membiasakan mendengarkan ceramah agama



48
Agama sebagai pedoman hidup



49
Mengembangkan SQ



50
Etika dalam bergaul wanita dan pria



51
Pengertian hidup sehat



52
Jenis makanan yang mengandung empat sehat lima sempurna



53
Manfaat olah raga bagi kesehatan jasmani



54
Perawatan tubuh



Keterarangan :
      S    :     Sangat dibutuhkan
      C.   :     Cukup dibutuhkan
      K   :     Kurang dibutiuhkan
      Jenis materi :
      -     Bisa diurutkan berdasarkan tugas perkembangan
      -     Diambil dari materi pengembangan kopetensi yang dijabarkan dalam kurikulum.

ANGKET KEBUTUHAN MATERI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
SISWA SMA/MA

Petunjuk :

      Berikut ini terdapat sejumlah materi layanan bimbingan dan konseling yang dapat diberikan kepada siswa. Anda diminta untuk memberikan ceklist (v) pada kolom di samping setiap butir materi sesuai dengan kebutuhan Anda terhadap materi itu. Tidak ada jawaban salah atau benar, yang penting adalah bagaimana kejujuran Anda dalam menjawab setiap butir materi sesuai dengan kebutuhan Anda. Angket ini sama sekali tidak dimaksudkan untuk menilai kemampuan Anda, sehingga tidak ada hubungannya atau mempengaruhi penilaian hasil prestasi belajar Anda.

      Anda diminta untuk mengisi semua nomor tanpa ada yang terlewat. Untuk menyelesaikan angket ini tidak ada batas waktu tertentu, tetapi Anda diharapkan untuk menyelesaikan secepat mungkin. Juga jangan lupa menuliskan identitas Anda pada tempat yang telah disediakan.



Contoh :

No.
Jenis Materi Layanan
Klasifikasi Jawaban
S
C
K
1
Cara Belajar Efektif dan Efisien



2





Apabila Anda menganggap materi cara belajar efektif dan efisien penting dan anda sangat membutuhkan materi itu beri ceklist (v) pada kolom S. Apabila Anda menganggap maateri itu kurang penting dan Anda kurang membutuhkan beri ceklist (v) pada kolom C. Dan apabila Anda menganggap materi itu tidak penting dan Anda tidak membutuhkan beri ceklist (v) pada kolom K.
 
 


















Pernyataan Angket :Bimbingan Sosial

No.
Jenis Materi Layanan
Klasifikasi Jawaban
S
C
K
1.
Nilai-nilai ajaran agama



2.
Pentingnya membangun tempat ibadah



3.
Toleransi terhadap perbedaan umat beragama dan kepercaya



4.
Kepedulian sesama umat



5.
Etika pergaulan dengan teman sebaya



6.
Peran pria dan wanita dalam komunitas



7.
Hakekat hidup sehat dalam pergaulan



8.
Pentingnya kebugaran dalam kehidupan bermasyarakat



9.
Lingkungan rumah yang sehat



10.
Menjaga kebugaran



11.
Mengkomsumsi makanan yang bergizi








ANGKET KEBUTUHAN MATERI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
SISWA SMA/MA


Petunjuk :

      Berikut ini terdapat sejumlah materi layanan bimbingan dan konseling yang dapat diberikan kepada siswa. Anda diminta untuk memberikan ceklist (v) pada kolom di samping setiap butir materi sesuai dengan kebutuhan Anda terhadap materi itu. Tidak ada jawaban salah atau benar, yang penting adalah bagaimana kejujuran Anda dalam menjawab setiap butir materi sesuai dengan kebutuhan Anda. Angket ini sama sekali tidak dimaksudkan untuk menilai kemampuan Anda, sehingga tidak ada hubungannya atau mempengaruhi penilaian hasil prestasi belajar Anda.

      Anda diminta untuk mengisi semua nomor tanpa ada yang terlewat. Untuk menyelesaikan angket ini tidak ada batas waktu tertentu, tetapi Anda diharapkan untuk menyelesaikan secepat mungkin. Juga jangan lupa menuliskan identitas Anda pada tempat yang telah disediakan.



Contoh :

No.
Jenis Materi Layanan
Klasifikasi Jawaban
S
C
K
1
Cara Belajar Efektif dan Efisien



2





Apabila Anda menganggap materi cara belajar efektif dan efisien penting dan anda sangat membutuhkan materi itu beri ceklist (v) pada kolom S. Apabila Anda menganggap maateri itu kurang penting dan Anda kurang membutuhkan beri ceklist (v) pada kolom C. Dan apabila Anda menganggap materi itu tidak penting dan Anda tidak membutuhkan beri ceklist (v) pada kolom K.
 
 

















Pernyataan Angket :   Bimbingan Belajar

No.
Jenis Materi Layanan
Klasifikasi Jawaban
S
C
K

Pengaturan waktu belajar




Manfaat belajar bagi kehidupan




Contoh-contoh belajar keras




Praktik terwujudnya aspek-aspek bagi belajar kehidupan beragama




Latihan menjalankan ritual




Model-model belajar kelompok




Pembentukan kelompok belajar




Praktik belajar kelompok




Peran dan fungsi anggota dalam belajar kelompok




Pengaruh kondisi jasmani yang sehat dalam kegiatan belajar




No.
Jenis Materi Layanan
Klasifikasi Jawaban
S
C
K

Pola makanan sehat dalam kaitannya dengan kegiatan belajar




Olah raga yang teratur dalam kaitannya dengan kegiatan belajar




Rekreasi dalam kaitannya dengan kegiatan belajar




Pemanfaatan waktu luang dalam  kaitannya dngan kegiatan belajar




Istirahat dalam kaitannya dengan kegiatan belajar








Keterarangan :
      S    :     Sangat dibutuhkan
      C.   :     Cukup dibutuhkan
      K   :     Kurang dibutiuhkan
      Jenis materi :
      -     Bisa diurutkan berdasarkan tugas perkembangan
      -     Diambil dari materi pengembangan kopetensi yang dijabarkan dalam kurikulum.



                                                                                                                                               .................., .........
          Kepala Sekolah                                                                                                           Guru Pembimbing



          _________________                                                                                                    __________________
          NIP                                                                                                                              N

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More