A. instrumen analisis kebutuhan :
ANGKET KEBUTUHAN MATERI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
SISWA SMA/MA
Petunjuk :
Berikut ini terdapat sejumlah materi layanan bimbingan dan konseling yang dapat diberikan kepada siswa. Anda diminta untuk memberikan ceklist (v) pada kolom di samping setiap butir materi sesuai dengan kebutuhan Anda terhadap materi itu. Tidak ada jawaban salah atau benar, yang penting adalah bagaimana kejujuran Anda dalam menjawab setiap butir materi sesuai dengan kebutuhan Anda. Angket ini sama sekali tidak dimaksudkan untuk menilai kemampuan Anda, sehingga tidak ada hubungannya atau mempengaruhi penilaian hasil prestasi belajar Anda.
Anda diminta untuk mengisi semua nomor tanpa ada yang terlewat. Untuk menyelesaikan angket ini tidak ada batas waktu tertentu, tetapi Anda diharapkan untuk menyelesaikan secepat mungkin. Juga jangan lupa menuliskan identitas Anda pada tempat yang telah disediakan.
|
Pernyataan Angket : Pribadi
No. | Jenis Materi Layanan | Klasifikasi Jawaban | ||
S | C | K | ||
1 | Kebiasaan hidup yang berperilaku positif | | | |
2 | Kebiasaan hidup menjalankan perintah agama yang di anut | | | |
3 | Kebiasaan hidup yang mencerminkan toleransi beragama | | | |
4 | Hormat menghormat sesama manusia | | | |
5 | Memiliki toleransi beragama | | | |
6 | Berperilaku sesuai dengan ajaran agama | | | |
7 | Mengkaji keagamaan yang dianut | | | |
8 | Mengidentifasikan kegiatan keagamaan yang dianut | | | |
9 | Mengaplikasikan kegiatan keagamaan dalam kehidupan sehari-hari | | | |
10 | Mendeskripsikan tentang kaidah-kaidah keimanan terhadap Tuhan Yang Maha Esa | | | |
11 | Mengidentifikasikan ciri orang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa | | | |
12 | Contoh-contoh penerapan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa di rumah | | | |
13 | Contoh-contoh penerapan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa di sekolah | | | |
14 | Memahami etika dalam bergaul antara wanita dan pria | | | |
15 | Perasaan wanita lebih peka dari pria | | | |
16 | Nilai-nilai teman sebaya | | | |
17 | Perkembangan psikoseksual remaja | | | |
18 | Pacaran merupakan proses kedewasaan | | | |
19 | Memahami dan menyadari teman mampu memberi aset dalam mencapai cita-cita | | | |
20 | Memahami beberapa konsep hidup sederhana dari pergaulan teman sebaya selama 3 tahun | | | |
21 | Menjadi remaja ideal sebagai pria dan wanita menjelang awal remaja | | | |
22 | Memahami jenis pekerjaan sesuai dengan peranan jenis kelamin | | | |
23 | Memahami kesadaran pada posisi yang umum tanpa membedakan jenis kelamin | | | |
24 | Menjalin hubungan tanpa memperhatikan jenis kelamin mempercepat kematangan siswa | | | |
25 | Pacaran yang sehat dan bisa memotivasi belajar | | | |
26 | Ciri-ciri (karakteristik) remaja | | | |
27 | Problem-problem remaja dan cara mengatasinya | | | |
28 | Ciri-ciri perkembangan jasmani pria dan wanita | | | |
29 | Perbedaan perkembangan jasmani pria dan wanita | | | |
30 | Pemahaman tentang norma agama | | | |
31 | Makanan yang mengandung empat sehat lima sempurna | | | |
32 | Olah raga yang teratur | | | |
33 | Keseimbangan antara bekerja dan istirahat | | | |
34 | Perkembangan jasmani pada pria dan wanita | | | |
35 | Mencari cara-cara hidup sehat | | | |
36 | Mendeskripsikan cara-cara hidup sehat | | | |
37 | Mengenal alat-alat yang membahayakan jasmani | | | |
38 | Jenis-jenis penyakit yang membahayakan kesehatan jasmani | | | |
39 | Jenis alat-alat yang membahayakan jasmani | | | |
40 | Membedakan alat-alat yang membahayakan dan bermanfaat bagi kesehatan jasmani | | | |
41 | Kebiasaan hidup sehat yang berperilaku positis | | | |
42 | Kebiasaan hidup yang mencerminkan toleransi beragama | | | |
43 | Kebiasaan hidup menjalankan agama yang di anut | | | |
44 | Kebiasaan hidup yang mencerminkan toleransi beragama | | | |
45 | Mengagumi kebesaran Tuhan melalui ciptaannya | | | |
46 | Mengikuti kegiatab beragama | | | |
47 | Membiasakan mendengarkan ceramah agama | | | |
48 | Agama sebagai pedoman hidup | | | |
49 | Mengembangkan SQ | | | |
50 | Etika dalam bergaul wanita dan pria | | | |
51 | Pengertian hidup sehat | | | |
52 | Jenis makanan yang mengandung empat sehat lima sempurna | | | |
53 | Manfaat olah raga bagi kesehatan jasmani | | | |
54 | Perawatan tubuh | | | |
Keterarangan :
S : Sangat dibutuhkan
C. : Cukup dibutuhkan
K : Kurang dibutiuhkan
Jenis materi :
- Bisa diurutkan berdasarkan tugas perkembangan
- Diambil dari materi pengembangan kopetensi yang dijabarkan dalam kurikulum.
ANGKET KEBUTUHAN MATERI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
SISWA SMA/MA
Petunjuk :
Berikut ini terdapat sejumlah materi layanan bimbingan dan konseling yang dapat diberikan kepada siswa. Anda diminta untuk memberikan ceklist (v) pada kolom di samping setiap butir materi sesuai dengan kebutuhan Anda terhadap materi itu. Tidak ada jawaban salah atau benar, yang penting adalah bagaimana kejujuran Anda dalam menjawab setiap butir materi sesuai dengan kebutuhan Anda. Angket ini sama sekali tidak dimaksudkan untuk menilai kemampuan Anda, sehingga tidak ada hubungannya atau mempengaruhi penilaian hasil prestasi belajar Anda.
Anda diminta untuk mengisi semua nomor tanpa ada yang terlewat. Untuk menyelesaikan angket ini tidak ada batas waktu tertentu, tetapi Anda diharapkan untuk menyelesaikan secepat mungkin. Juga jangan lupa menuliskan identitas Anda pada tempat yang telah disediakan.
|
Pernyataan Angket :Bimbingan Sosial
No. | Jenis Materi Layanan | Klasifikasi Jawaban | ||
S | C | K | ||
1. | Nilai-nilai ajaran agama | | | |
2. | Pentingnya membangun tempat ibadah | | | |
3. | Toleransi terhadap perbedaan umat beragama dan kepercaya | | | |
4. | Kepedulian sesama umat | | | |
5. | Etika pergaulan dengan teman sebaya | | | |
6. | Peran pria dan wanita dalam komunitas | | | |
7. | Hakekat hidup sehat dalam pergaulan | | | |
8. | Pentingnya kebugaran dalam kehidupan bermasyarakat | | | |
9. | Lingkungan rumah yang sehat | | | |
10. | Menjaga kebugaran | | | |
11. | Mengkomsumsi makanan yang bergizi | | | |
ANGKET KEBUTUHAN MATERI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
SISWA SMA/MA
Petunjuk :
Berikut ini terdapat sejumlah materi layanan bimbingan dan konseling yang dapat diberikan kepada siswa. Anda diminta untuk memberikan ceklist (v) pada kolom di samping setiap butir materi sesuai dengan kebutuhan Anda terhadap materi itu. Tidak ada jawaban salah atau benar, yang penting adalah bagaimana kejujuran Anda dalam menjawab setiap butir materi sesuai dengan kebutuhan Anda. Angket ini sama sekali tidak dimaksudkan untuk menilai kemampuan Anda, sehingga tidak ada hubungannya atau mempengaruhi penilaian hasil prestasi belajar Anda.
Anda diminta untuk mengisi semua nomor tanpa ada yang terlewat. Untuk menyelesaikan angket ini tidak ada batas waktu tertentu, tetapi Anda diharapkan untuk menyelesaikan secepat mungkin. Juga jangan lupa menuliskan identitas Anda pada tempat yang telah disediakan.
|
Pernyataan Angket : Bimbingan Belajar
No. | Jenis Materi Layanan | Klasifikasi Jawaban | ||
S | C | K | ||
| Pengaturan waktu belajar | | | |
| Manfaat belajar bagi kehidupan | | | |
| Contoh-contoh belajar keras | | | |
| Praktik terwujudnya aspek-aspek bagi belajar kehidupan beragama | | | |
| Latihan menjalankan ritual | | | |
| Model-model belajar kelompok | | | |
| Pembentukan kelompok belajar | | | |
| Praktik belajar kelompok | | | |
| Peran dan fungsi anggota dalam belajar kelompok | | | |
| Pengaruh kondisi jasmani yang sehat dalam kegiatan belajar | | | |
No. | Jenis Materi Layanan | Klasifikasi Jawaban | ||
S | C | K | ||
| Pola makanan sehat dalam kaitannya dengan kegiatan belajar | | | |
| Olah raga yang teratur dalam kaitannya dengan kegiatan belajar | | | |
| Rekreasi dalam kaitannya dengan kegiatan belajar | | | |
| Pemanfaatan waktu luang dalam kaitannya dngan kegiatan belajar | | | |
| Istirahat dalam kaitannya dengan kegiatan belajar | | | |
| | | | |
Keterarangan :
S : Sangat dibutuhkan
C. : Cukup dibutuhkan
K : Kurang dibutiuhkan
Jenis materi :
- Bisa diurutkan berdasarkan tugas perkembangan
- Diambil dari materi pengembangan kopetensi yang dijabarkan dalam kurikulum.
.................., .........
Kepala Sekolah Guru Pembimbing
_________________ __________________
NIP N
0 komentar:
Posting Komentar