SILABUS PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
Sekolah : SMKN 1 Kaligondang Purbalingga Tugas Perkembangan 1 : Mencapai kematangan dalam beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
Bidang Bimbingan | Rumusan Kompetensi | Materi Pengembangan Kompetensi | Kelas | Kegiatan Layanan 1) | Kegiatan Pendukung2) | Penilaian3) | Keterangan | ||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | ||||||
Bimbingan Pribadi | 1. Memiliki kemantapan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai agama yang dianut | - Hakekat iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa - Mengagumi kebesaran Tuhan melalui ciptaannya - Menggali potensi diri untuk mengembangkan peranannya dalam kegiatan keagamaan di sekolah | X, XI, XII | ORIN INFO PBLJ | APIN HPDT | Laijapen Laijapan | Bekerja sama dengan guru Agama | ||||||
2. Memiliki kemantapan dalam melaksanakan kaidah-kaidah ajaran agama yang dianut | - Hakekat manusia sebagai makhluk Tuhan - Melaksanakan kaidah-kaidah agama untuk mengembangkan aktualisasi diri | ||||||||||||
Bimbingan Sosial | 1. Memiliki kemantapan keyakinan tentang aspek-aspek sosial kehidupan beragama | - Nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari- hari - Peran siswa dalam pembangunan tempat ibadah di sekolah - Mengembangkan fungsi tempat ibadah di sekolah | X, XI, XII | ORIN INFO PBLJ | APIN HPDT | Laijapen Laijapan | Bekerja sama dengan guru Agama | ||||||
2. Melaksanakan secara mantap aspek-aspek sosial kehidupan beragama | - Toleransi antar umat beragama - Mengembangkan kepedulian siswa sesuai ajaran agama yang dianut - Mengelola organisasi kerohanian siswa - Cara bergaul dengan teman sesuai dengan ajaran agama | ||||||||||||
1) Jenis layanan : ORIN = layanan Orientasi KPOR = layanan Konseling Perorangan INFO = layanan Informasi BIKP = layanan Bimbingan Kelompok PPNL = layanan Penempatan dan Penyaluran KOKP = layanan Konseling Kelompok PBLJ = layanan Pembelajaran | 2) Jenis Kegiatan Pendukung APIN = Aplikasi Instrumentasi HPDT = Himpunan Data KFKS = Konferensi Kasus KJRM = Kunjungan Rumah ATKS = Alih Tangan Kasus | 3) Tahap Penilaian : Laiseg = penilaian segera Laijapen = penilaian jangka pendek Laijapan = penilaian jangka panjang | |||||||||||
2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | |||||||
Bimbingan Belajar | 1. Memiliki kemantapan keyakinan bahwa belajar merupakan perintah Tuhan Yang Maha Esa | - Belajar seumur hidup - Belajar sebagai wujud ibadah - Belajar menjamin keberhasilan hidup dunia dan akhirat | X, XI, XII | INFO KPOR KPOK | APIN HPDT | Laijapen Laijapan | Bekerja sama dengan guru Agama | ||||||
2. Memiliki kemantapan keyakinan bahwa kegiatan belajar yang sebaik-baiknya akan meningkatkan mutu kehidupan beragama | - Kesuksesan belajar meningkatkan kualitas ibadah - Fungsi ajaran agama di era globalisasi | ||||||||||||
3. Mampu mewujudkan secara efektif, efisien dan produktif tentang kegiatan belajar sesuai dengan ajaran agama | - Belajar yang efektif dan efisien sesuai ajaran agama - Motivasi belajar dalam kehidupan beragama | ||||||||||||
Bimbingan Karir | 1. Memiliki kemantapan keyakinan bahwa bekerja dan pengembangan karir merupakan perintah Tuhan Yang Maha Esa | - Bekerja sebagai bagian dari ibadah - Pengembangan sikap positif terhadap karier sesuai ajaran agama | X, XI, XII | ORIN INFO | APIN HPDT | Laijapen Laijapan | Bekerja sama dengan guru Agama | ||||||
2. Memiliki kemantapan keyakinan bahwa bekerja dan pengembangan karir dapat meningkatkan kehidupan beragama | - Kesuksesan dalam karier menunjang peningkatan ibadah - Bekerja untuk ibadah - Sikap kerja keras dan tawakal dalam bekerja | ||||||||||||
3. Mampu mewujudkan secara efektif, efisien dan produktif tentang pengembangan persiapan karir sesuai dengan ajaran agama | - Pemilihan karir sesuai dengan ajaran agama. - Berdoa sebelum dan sesudah bekerja - Aplikasi nilai-nilai agama dalam pengembangan karir | ||||||||||||
Tugas Perkembangan 2. : Mencapai kematangan dalam hubungan teman sebaya, serta kematangan dalam perannya sebagai pria atau wanita
Bidang Bimbingan | Rumusan Kompetensi | Materi Pengembangan Kompetensi | Kelas | Kegiatan Layanan | Kegiatan Pendukung | Penilaian | Keterangan |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
Bimbingan Pribadi | Memiliki kesadaran pentingnya hubungan teman sebaya yang sehat dalam peranan yang mantap sebagai pria atau wanita | - Etika pergaulan pria dan wanita - Karakteristik sebagai pria dan wanita - Perbedaan peran antara pria dan wanita | X, XI, XII | ORIN PBLJ BIKP | APIN HPDT | Laijapen Laijapan | Bekerja sama dengan guru PKn |
Bimbingan Sosial | Mampu menjalin hubungan yang sehat dan dinamis dengan teman sebaya dalam peranannya sebagai pria atau wanita | - Etika bergaul dengan lain jenis - Mengikuti Organisasi Sekolah sesuai pengembangan peranannya sebagai pria atau wanita. | X, XI, XII | ORIN INFO PBLJ | APIN HPDT | Laijapen Laijapan | Bekerja sama dengan wali kelas dan Wakasek kesiswaan |
Bimbingan Belajar | 1. Memiliki pemantapan pemahaman tentang pentingnya hubungan teman sebaya dalam kegiatan belajar | - Pembentukan Kelompok Belajar - Pemilihan Kegiatan Ekstrakurikuler - Memilih teman sebaya untuk kelompok belajar - Bimbingan Teman Sebaya (BTS) | X, XI, XII | ORIN INFO PBLJ | APIN HPDT | Laiseg Laijapen Laijapan | Bekerja sama dengan Wali kelas dan Wakasek Kesiswaan |
2. Mampu mewujudkan pentingnya hubungan teman sebaya dalam kegiatan belajar | - Menjaga hubungan baik dengan teman sebaya untuk sukses dalam belajar. - Dampak positif dan negatif hubungan dalam kelompok belajar |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
Bimbingan Karir | 1. Memiliki kemantapan pemahaman tentang manfaat hubungan teman sebaya dalam pengembangan perencanaan karir tanpa membeda-bedakan kedudukan jenis kelamin tertentu dalam berkarir | - Manfaat hubungan teman sebaya dalam pengembangan karir - Teman sebagai sebagai sumber informasi karir - Pemanfaatan reuni alumni dapat menjadi sumber informasi kerja | X, XI, XII | INFO BIKP | APIN HPDT | Laiseg Laijapen Laijapan | Bekerja sama dengan Bursa Kerja Khusus dan orang tua |
2. Mampu mewujudkan pentingnya hubungan teman sebaya dalam pilihan karir tanpa membeda-bedakan kedudukan jenis kelamin tertentu dalam berkarir | - Memilih kegiatan ekstrakurikuler guna pengembangan karir. - Kegiatan asah trampil lewat kursus tertentu. - Membuat perencanaan masa depan |
Tugas Perkembangan 3. : Mencapai kematangan pertumbuhan jasmaniah yang sehat
Bidang Bimbingan | Rumusan Kompetensi | Materi Pengembangan Kompetensi | Kelas | Kegiatan Layanan | Kegiatan Pendukung | Penilaian | Keterangan |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
Bimbingan Pribadi | 1. Memiliki pemantapan pemahaman tentang kondisi jasmaniah yang sehat sesuai dengan jenis kelaminnya sebagai pria atau wanita | - Tahap-tahap perkembangan masa remaja - Ciri-ciri pertumbuhan jasmaniah berdasarkan jenis kelamin. - Pertumbuhan remaja yang sehat | X, XI, XII | INFO PBLJ BIKP KPOR | APIN HPDT | Laiseg Laijapen Laijapan | Bekerja sama dengan guru Penjasorkes |
2. Memiliki kemampuan untuk meme-lihara dan merawat kondisi jasmaniah yang sehat | - Upaya memelihara dan merawat kondisi jasmani yang sehat - Pola hidup sehat dengan makanan yang bergizi dan seimbang | ||||||
Bimbingan Sosial | 1. Menyadari pentingnya kondisi jasmani yang sehat dalam hubungan sosial | - Cara bergaul yang sehat pada remaja. - Bahaya narkoba dan sek bebas | X, XI, XII | INFO PBLJ BIKP KOKP | APIN HPDT | Laijapen Laijapan | |
2. Mampu menampilkan kondisi jasmani yang sehat dalam hubungan sosial | - Tampil meyakinkan di depan umum - Cara berpenampilan yang menarik dan sehat |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
Bimbingan Belajar | 1. Memiliki pemahaman yang mantap tentang pentingnya kondisi jasmani yang sehat dalam kegiatan belajar | - Pengaruh antara kesehatan jasmani dan rohani pada diri anak. - Pengaruh kesehatan jasmani dalam motivasi belajar. | X, XI, XII | INFO PBLJ BIKP | APIN HPDT | Laiseg Laijapen Laijapan | |
2. Mampu memelihara dan merawat kondisi jasmani yang sehat untuk belajar | - Menjaga kondisi fisik agar sehat dalam belajar - Manfaat pola hidup sehat dalam kegiatan belajar. | ||||||
Bimbingan Karir | 1. Memiliki pemahaman yang mantap tentang pentingnya kondisi yang sehat dalam pengembangan karir | - Memelihara kesehatan dalam mengembangkan karir - Mengembangkan kesehatan mampu meningkatkan karirt - Memahami kesehatan mampu menciptakan karir | X, XI, XII | INFO PBLJ BIKP | APIN HPDT | Laijapen Laijapan | |
2. Mampu memelihara dan merawat kondisi jasmani yang sehat dalam rangka pengembangan persiapan karir | - Pola makan menentukan masa depan - Tubuh yang sehat merupakan pangkal keberhasilan - Peranan kesehatan jasmani terhadap kelanjutan studi - Pengaruh kesehatan jasmani terhadap prestasi karir |
Tugas Perkembangan 4 : Mengembangkan penguasaan ilmu, teknologi, dan kesenian sesuai dengan program kurikulum, persiapan karir dan melanjutkan pendidikan tinggi, serta berperan dalam kehidupan masyarakat yang lebih luas
Bidang Bimbingan | Rumusan Kompetensi | Materi Pengembangan Kompetensi | Kelas | Kegiatan Layanan | Kegiatan Pendukung | Penilaian | Keterangan |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
Bimbingan Pribadi | 1. Memiliki kesadaran dan dorongan yang kuat untuk menguasai ilmu, teknologi dan seni yang menjadi program sekolah | - Pengaruh Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam tatanan kehidupan - Pentingnya menuntut ilmu sesuai dengan minat dan bakat yang dimilikinya. | X, XI, XII | INFO ORIN PBLJ BIKP PPNL KPOR | APIN HPDT ATKS | Laiseg Laijapen Laijapan | Bekerjasama dengan guru TI, Bursa Kerja Khusus, alumni dan orang tua |
2. Memiliki kesadaran dan dorongan untuk melanjutkan pendidikan pada tingkat yang lebih tinggi | - Informasi Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta. - Orientasi Perguruan Tinggi - Rencana studi lanjut | ||||||
3. Memiliki kesadaran dan dorongan untuk mempersiapkan karir yang cocok bagi dirinya | - Konsep karir sesuai potensi yang dimiliki - Pemilihan program studi sekolah lanjutan - Pemilihan bidang kerja sesuai dengan program keahlian di SMK | ||||||
4. Memiliki kesadaran dan dorongan untuk berperan aktif dalam kehidupan masyarakat | - Manfaat berorganisasi di masyarakat - Berperan aktif dalam kehidupan masyarakat | |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
Bimbingan Sosial | 1. Memahami dan mewujudkan aspek-aspek sosial untuk materi yang dipelajari di SMK | - Kemampuan berkomunikasi - Pengenalan berbagai teknologi informasi dan komunikasi - Perlunya penguasaan teknologi informasi - Mensikapi perubahan sosial lingkungan sekitar | X, XI, XII | ORIN INFO PPNL BIKP | APIN HPDT ATKS | Laiseg Laijapen Laijapan | Bekerjasama dengan guru TI , Bursa Kerja Khusus dan instansi terkait |
2. Memahami dan mewujudkan aspek-aspek sosial dari upaya melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi | - Pengenalan sistem penerimaan mahasiswa - Cara mengikuti SPMB - Orientasi belajar di Perguruan Tinggi | ||||||
3. Memahami dan mewujudkan aspek-aspek sosial dalam mempersiapkan karir | - Pengenalan jenis dan syarat karir - Pengenalan Perusahaan-perusahaan dan cara rekruitmen karyawan - Pengenalan dan wawancara tokoh sukses dalam masyarakat | ||||||
4. Memahami dan mewujudkan aspek-aspek sosial dalam kehidupan bermasyarakat | - Jenis-jenis organisasi dalam masyarakat - Taat dan patuh terhadap norma - Bersikap adil | | |||||
| | | | | | | |
| | | | | | | |
| | | | | | | |
| | | | | | | |
| | | | | | | |
| | | | | | | |
| | | | | | | |
| | | | | | | |
| | | | | | | |
| | | | | | | |
| | | | | | | |
1 | 2 | 3 | | | | | |
Bimbingan Belajar | 1. Mampu mempraktikkan cara-cara belajar dengan menggunakan sumber-sumber yang bervariasi, luas dan kaya | - Penguasaan penggunaan alat-alat multi media - Belajar efektif dan efisien | X, XI, XII | INFO KPOR PBLJ | APIN HPDT ATKS KJRM | Laijapen Laijapan | Bekerjasama dengan guru TI dan instansi terkait |
2. Mampu belajar secara optimal untuk menguasai pelajaran-pelajaran produktif di SMK. | - Teknik membaca gambar teknik - Teknik menghitung cepat - Life skill lulusan SMK | X, XI, XII | INFO PBLJ PPNL BIKP | APIN HPDT ATKS | Laiseg Laijapen Laijapan | Bekerjasama dengan guru mata pelajaran dan instansi terkait | |
3. Mampu belajar secara optimal untuk menguasai bekal bagi program pendidikan lebih tinggi | - Program dan prospek lanjutan pendidikan SMK - Strategi penguasaan materi pelajaran sesuai jurusan yang diminati. - Orientasi belajar di Perguruan Tinggi - Keterampilan belajar | ||||||
4. Mampu belajar secara optimal untuk pengembangan persiapan karir | - Penguatan mental interpreneurship - Membangun visi dan misi hidup sebagai persiapan karir. | ||||||
5. Mampu belajar secara optimal untuk kehidupan dalam masyarakat | - Modal dasar sukses belajar dan sukses hidup di masa datang - Pemahaman diri dan lingkungan |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
Bimbingan Karir | 1. Mampu mengaitkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh di SMK dengan karir-karir tertentu. | - Pengenalan dan informasi bursa kerja - Perencanaan diri dalam pengembangan karir | XI, XII | INFO PBLJ PPNL BIKP | APIN HPDT ATKS | Laiseg Laijapen Laijapan | Bekerjasama dengan wali kelas, Bursa Kerja Khusus dan instansi terkait |
2. Mampu mengaitkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh di SMK dengan arah pengembangan karir tertentu | - Arah program studi yang dikembangkan di sekolah - Profil lulusan setiap program studi - Studi lapangan ke dunia kerja untuk mendapatkan gambaran karir. | ||||||
3. Mampu menyelenggarakan pengembangan persiapan karir | - Menentukan jenis dan bidang pekerjaan untuk mempersiapkan karir - Keputusan untuk memilih jurusan/program keahlian | ||||||
4. Mampu memanfaatkan peranan dalam kehidupan masyarakat yang lebih luas untuk pengembangan persiapan karir. | - Identifikasi potensi diri untuk persiapan karir - Menentukan pilihan karir. |
Tugas Perkembangan 5 : Mencapai kematangan dalam pilihan karir
Bidang Bimbingan | Rumusan Kompetensi | Materi Pengembangan Kompetensi | Kelas | Kegiatan Layanan | Kegiatan Pendukung | Penilaian | Keterangan |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
Bimbingan Pribadi | 1. Memiliki kemantapan pemahaman tentang perlunya pilihan karir yang tepat untuk dikembangkan lebih lanjut | - Kreteria pilihan karir - Macam-macam jabatan dan cara-cara pemilihan karir. - Pengembangan karir. | X, XI, XII | ORIN INFO BIKP | APIN HPDT | Laiseg Laijapen Laijapan | Kerjasama dengan: 1. PT 2. Alumni 3. Lembaga yang terkait |
Bimbingan Sosial | 1. Memiliki kemantapan tentang pemahaman pengaruh sosial terhadap pemilihan karir | - Karier Day - Pengaruh hubungan sosial dalam pemilihan karir. - Informasi dunia kerja | X, XI, XII | ORIN INFO PPNL | APIN HPDT ATKS | Laiseg Laijapen Laijapan | Kerjasama dengan: 1. Bursa kerja |
2. Mewujudkan pengaruh sosial yang positif dalam pemilihan karir | - Pengembangan jiwa kewirausahaan - Pengenalan dunia kerja guna pengembangan karir. - Kunjungan ke PT dan BLK | ||||||
Bimbingan Belajar | 1. Memiliki pemahaman tentang peranan kegiatan belajar dalam pemilihan karir | - Peranan kegiatan belajar dalam pilihan karir | X, XI, XII | ORIN KPOR PPNL | APIN HPDT | Laijapen Laijapan | Bekerjasama dengan Guru MP dan wali kelas |
2. Mampu mewujudkan kegiatan peranan belajar dalam rangka pilihan karir | - Pentingnya belajar dalam persiapan karir. |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
Bimbingan Karir | 1. Memiliki pemahaman tentang aspek-aspek yang terkait dengan berbagai jenis karir | - Berbagai jenis karir dan permasalahannya - Kiat-kiat untuk memasuki dunia kerja | X, XI, XII | Semua jenis layanan | Semua kegiatan pendukung | Semua tahap penilaian | Bekerjasama dengan Orang-orang sukses |
2. Mampu mengidentifikasi keserasian karakteristik diri sendiri dengan aspek-aspek berbagai jenis karir | - Identifikasi aspek-aspek karir tertentu yang menjadi alternatif pilihan karir. - Identifikasi karakteristik diri dalam kaitan pilihan karir. - Peran minat dalam pengembangan karir | ||||||
3. Mampu mengambil keputusan tentang pilihan karir | - Cara pengambilan keputusan dan pengembangan karir | ||||||
4. Mampu mengarahkan dirinya melalui kegiatan belajar dan lainnya sesuai dengan pilihan karir | - Pemilihan kegiatan belajar yang sesuai pilihan karir - Jadwal dan program kegiatan belajar yang mengarah pada pilihan karir. | ||||||
5. Memiliki sikap dan semangat kewirausahaan | - Sikap dan semangat dalam kewirausahaan | ||||||
6. Menguasai keterampilan khusus kejuruan dalam karir yang dipilihnya | - Pengenalan bidang-bidang pekerjaan dan perusahaan sesuai pilihan karir. |
Tugas Perkembangan 6. : Mencapai kematangan gambaran dan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, sosial, intelektual dan ekonomi
Bidang Bimbingan | Rumusan Kompetensi | Materi Pengembangan Kompetensi | Kelas | Kegiatan Layanan | Kegiatan Pendukung | Penilaian | Keterangan |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
Bimbingan Pribadi | 1. Memiliki gambaran yang mantap tentang kehidupan mandiri secara emosional, sosial, intelektual dan ekonomi | - Pemahaman sikap hidup mandiri secara emosional, intelektual, sosial, dan ekonomi. - Beradaptasi dengan lingkungan secara mandiri - Hubungan yang sehat dan saling hormat menghormati antar sesama. | X, XI, XII | ORIN INFO BIKP | APIN HPDT | Laiseg Laijapan | |
2. Memiliki sikap yang mantap untuk mewujudkan kehidupan mandiri secara emosional, sosial intelektual dan ekonomi | - Sikap hidup mandiri di era globalisasi. - Sikap kewirausahaan - Membangun sikap usaha mandiri dalam perkembangan Ilmu Pengetahuan. | ||||||
Bimbingan Sosial | 1. Memiliki kemantapan gambaran tentang aspek-aspek sosial dalam kehidupan mandiri secara emosional, sosial, intelektual dan ekonomi | - Kemandirian secara sosial dan emosional dalam kehidupan - Kehidupan mandiri secara ekonomi - Peran intelektual dalam kehidupan mandiri. | X, XI, XII | ORIN INFO BIKP | APIN HPDT | Laiseg Laijapan | Bekerjasama dengan Kewirausahaan dan Pembina Koperasi |
2. Memiliki kemampuan untuk mewujudkan aspek-aspek sosial dalam kehidupan mandiri secara emosional, sosial, intelektual dan ekonomi | - Pengambilan keputusan dalam menghadapi masalah - Pengelolaan kehidupan ekonomi yang baik |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
Bimbingan Belajar | 1. Memiliki pemahaman tentang aspek-aspek belajar untuk mengembangkan kehidupan mandiri secara emosional, sosial, intelektual dan ekonomi | - Aspek-aspek belajar - Pengenalan IQ, EQ, SQ, dan AQ - Manfaat tes psikologis | X, XI, XII | BIKP PBLJ KOKP | APIN HPDT | Laiseg Laijapen Laijapan | Bekerjasama dengan orang tua, wali kelas, dan instansi terkait |
2. Mampu mewujukan aspek-aspek belajar dan kegiatan belajar dalam kehidupan mandiri secara emosional, sosial, intelektual dan ekonomi | - Cara belajar efektif dan efisien - Kebiasaan belajar mandiri - Pengembangan aspek-aspek belajar dalam kehidupan mandiri | ||||||
Bimbingan Karir | 1. Memiliki pemahaman tentang keterkaitan kehidupan mandiri secara emosional, sosial, intelektual dan ekonomi dengan berbagai jenis karir | - Pembentukan konsep diri - Visi hidup yang jelas - Jenis-jenis pekerjaan (sesuai KJI) - Persyaratan emosional, sosial, intelektual dalam dunia kerja. - Perolehan ”gaji” dalam suatu pekerjaan | X, XI, XII | ORIN INFO BIKP | APIN HPDT | Laiseg Laijapan | Bekerjasama dengan Bursa Kerja Khusus dan BLK |
2. Mampu mengaitkan kehidupan mandiri secara emosional, sosial, intelektual dan ekonomi dengan karir yang dipilihnya | - Ambisi, kenyataan, dan usaha - Disiplin diri dan kesuksesan dalam bekerja - Menumbuhkan motivasi kerja dalam meraih cita-cita - Mewujudkan cita-cita | ||||||
| 3. Mampu mengembangkan kemandirian diri secara emosional, sosial, intelektual dan ekonomi sesuai dengan karir yang dipilihnya | - Harapan dan peluang meraih pekerjaan - Kunjungan ke balai latihan kerja - Kunjungan ke industri sesuai pilihan karir - Memilih pekerjaan sesuai potensi diri. | |
Tugas Perkembangan 7. : Mencapai kematangan gambaran dan sikap tentang kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
Bidang Bimbingan | Rumusan Kompetensi | Materi Pengembangan Kompetensi | Kelas | Kegiatan Layanan | Kegiatan Pendukung | Penilaian | Keterangan | |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | |
Bimbingan Pribadi | 1. Memiliki gambaran yang mantap tentang kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara | - Cara kehidupan keluarga,bermasyarakat,berbangsa dan bernegara. * Keluarga sejahtera * Peranan masing-masing anggota keluarga dalam kehidupan sehari-hari. * Nilai-nilai kehidupan dalam bermasyarakat. | XII | ORIN INFO PBLJ BIKP | APIN HPDT | Laiseg Laijapan | Bekerjasama dengan Guru Pkn | |
2. Memiliki sikap yang mantap untuk mengarahkan diri bagi terwujudnya kehidupan yang sehat untuk berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara | - Sikap untuk mengarahkan diri bagi terwujudnya kehidupan yang sehat . * Nilai atau norma yang berlaku di keluarga, masyarakat dan negara. * Adat istiadat / Budaya. | |||||||
Bimbingan Sosial | 1. Memiliki kemantapan gambaran tentang aspek-aspek sosial dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara | - Aspek-aspek sosial dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. * Pengertian aspek sosial * Peranan dan fungsi anggota keluarga, masyarakat . | X, XI | ORIN INFO BIKP | APIN HPDT | Laiseg Laijapan | | |
2. Memiliki kemampuan untuk mewujudkan tentang aspek-aspek sosial dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara | - Penerapan aspek-aspek sosial dalam Kehidupan keluarga , masyarakat, bangsa dan negara. · Kerja sama dalam kehidupan keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. · Toleransi dalam kehidupan keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
Bimbingan Belajar | 1. Memiliki kemantapan gambaran dan sikap tentang aspek-aspek belajar untuk berkehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara | - Belajar tentang kehidupan keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara. * Sikap belajar untuk kehidupan keluarga , masyarakat, bangsa dan negara. * Hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga, masyarakat, dan warga negara. | X, XI, XII | ORIN INFO BIKP | APIN HPDT | Laiseg Laijapen | |
2. Mampu mewujudkan aspek-aspek dan kegiatan belajar untuk membangun kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara | Cara membangun kehidupan keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. · Kesadaran belajar dalam kehidupan keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. · Motivasi belajar dalam kehidupan keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. | ||||||
Bimbingan Karir | 1. Memiliki kemantapan pemaham-an pemantapan gambaran dan sikap aspek-aspek karir yang terkait dengan kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara | - Cara mewujudkan aspek-aspek karir dalam kehidupan keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. * Pemilihan karir secara tepat . * Pengembangan karir yang sehat . | X, XI, XII | INFO PBLJ BIKP | APIN HPDT | Laiseg Laijapen | Bekerjasama dengan Bursa Kerja Khusus |
2. Mampu mengembangkan diri untuk karir yang dipilihnya berkenaan dengan kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, bernegara dan berbangsa | - Membuat perencanaan masa depan tentang kehidupan keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. * Menyusun rencana karir. * Membuat keputusan dalam pemilihan karir.. |
Tugas Perkembangan 8. : Mengembangkan kemampuan komunikasi sosial dan intelektual serta apresiasi seni
Bidang Bimbingan | Rumusan Kompetensi | Materi Pengembangan Kompetensi | Kelas | Kegiatan Layanan | Kegiatan Pendukung | Penilaian | Keterangan |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
Bimbingan Pribadi | 1. Memiliki kemantapan kesadaran tentang pentingnya komunikasi sosial dan intelektual secara efektif, efisien dan produktif | - Komunikasi sosial dan intelektual - Komunikasi intelektual sebagai sarana aktualisasi diri. | X, XI, XII | INFO BIKP | APIN HPDT | Laiseg Laijapen Laijapan | |
2. Memiliki kemantapan kesadaran tentang pentingnya apresiasi seni | - Melestarikan budaya dan seni dalam kehidupan sehari-hari - Menyalurkan bakat dan minat pada bidang seni | ||||||
Bimbingan Sosial | 1. Memiliki kemantapan pemahanan tentang aspek-aspek sosial dalam berkomunikasi sosial dan intelektual serta apresiasi seni | - Mengembangkan sikap positif dalam berkomunikasi baik sosial maupun intelektual - Mengembangkan kemampuan apresiasi seni | X, XI, XII | INFO BIKP | APIN HPDT | Laiseg Laijapen Laijapan | Bekerjasama dengan media massa |
2. Mampu mewujudkan tentang aspek-aspek sosial dalam berkomunijkasi sosial dan intelektual serta apresiasi seni. | - Etika berkomunikasi baik lisan maupun tulisan | ||||||
Bimbingan Belajar | 1. Memiliki kemantapan pemahaman tentang aspek-aspek belajar dalam berkomunikasi sosial dan intelektual serta apresiasi seni | - Kreatif dan inovatif dalam berkomunikasi sosial, intelektual serta apresiasi seni | X, XI, XII | INFO BIKP | APIN HPDT | Laiseg Laijapen Laijapan | Bekerjasama dengan Guru MP |
| 2. Mampu mewujudkan aspek-aspek dan kegiatan belajar dalam berkomunikasi sosial dan intelektual, serta apresiasi seni | - Mempergunakan alat-alat komunikasi dalam berkomunikasi sosial dan intelektual. - Internet sebagai sarana berlajar berkomunikasi - Lomba karya ilmiah remaja |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
| 3. Mampu mewujudkan aspek-aspek dan kegiatan belajar dalam berkomunikasi sosial dan intelektual, serta apresiasi seni | - Mempergunakan alat-alat komunikasi dalam berkomunikasi sosial dan intelektual. - Internet sebagai sarana belajar berkomunikasi - Lomba karya ilmiah remaja | | | | | |
Bimbingan Karir | 1. Memiliki kemantapan pemahaman tentang pentingnya berkomunikasi sosial dan intelektual serta apresiasi seni dalam pekerjaan dan pengembangan karir | - Pentingnya berkomunikasi sosial dan intelektual serta aspirasi seni dalam pengembangan karir. - Sikap yang tepat dan benar dalam bersosialisasi dalam dunia kerja/karir. - Sistem nilai yang berkaitan dengan dunia kerja. | X, XI, XII | INFO BIKP | APIN HPDT | Laiseg Laijapen Laijapan | Bekerjasama dengan dunia usaha |
2. Mampu mengembangkan diri dalam berkomunikasi sosial dan intelektual dan atau apresiasi seni berkenaan dengan karir yang dimiliki | - Pengembangan diri dalam berkomunikasi sosial dan intelektual berkenaan dengan karir yang dimiliki. - Berkomunikasi yang efektif dan efisien - Bersosialisasi yang baik dengan menunjang perkembangan dan kesuksesan karir. |
Tugas Perkembangan 9. : Mencapai kematangan dalam sistem etika dan nilai
Bidang Bimbingan | Rumusan Kompetensi | Materi Pengembangan Kompetensi | Kelas | Kegiatan Layanan | Kegiatan Pendukung | Penilaian | Keterangan | |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | |
Bimbingan Pribadi | Memiliki kemantapan kesadaran tentang pentingnya sistem etika dan nilai serta penerapannya secara tepat dalam berbagai setting kehidupan. | - Sistem etika dan nilai dalam berbagai setting kehidupan. - Penerapan etika dan nilai dalam berbagai setting kehidupan - Etika bergaul dalam masyarakat | X, XI, XII | ORIN INFO PBLJ | APIN HPDT | Laijapen Laijapan | | |
Bimbingan Sosial | 1. Memiliki kemantapan pemahaman tentang aspek-aspek sosial dalam sistem etika dan nilai | - Pengendalian diri dalam menghadapi konflik - Pengenalan norma yang berlaku di masyarakat - Bergaul sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat. - Menghargai perbedaan pendapat | X, XI, XII | Semua jenis layanan | Semua kegiatan pendukung | Semua jenis penilaian | | |
2. Mampu mewujudkan tentang aspek-aspek sosial dalam sistem etika dan nilai | - Norma-norma yang berlaku di masyarakat - Nilai-nilai kehidupan | |||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
Bimbingan Belajar | 1. Memiliki kemantapan pemaham-an tentang aspek-aspek belajar dalam sistem etika dan nilai | - Aspek belajar dalam sistem etika dan nilai | X, XI, XII | INFO PBLJ BIKP | Semua kegiatan pendukung | Semua jenis penilaian | |
2. Mampu mewujudkan aspek-aspek dan kegiatan belajar dalam sistem etika dan nilai serta penerapannya dalam berbagai setting kehidupan | - Penerapan aspek kegiatan belajar dalam sistem etika dan nilai. | ||||||
Bimbingan Karir | 1. Memiliki kemantapan pemahaman tentang pentingnya sistem etika dan nilai dalam pekerjaan dan pengembangan karir | - Petingnya sistem etika dan nilai dalam pekerjaan dan pengembangan karir. - Etika dan nilai dalam pemilihan pekerjaan dan proses pengembangan karir. - Pentingnya kebersamaan dalam lingkungan kerja | X, XI, XII | Semua jenis layanan | Semua kegiatan pendukung | Semua jenis penilaia | |
2. Mampu mewujudkan sistem etika dan nilai dalam pekerjaan dan pengembangan karir | - Sikap dalam bekerja dan pengembangan karir - Perilaku yang bersahabat, terbuka dan luwes dalam bergaul - Bekerja dengan penuh tanggung jawab - Semangat juang dan etos kerja. |
|
0 komentar:
Posting Komentar