Minggu, 11 Maret 2012

Silabus


SILABUS PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING


Sekolah : SMKN 1 Kaligondang Purbalingga                              Tugas Perkembangan  1  :  Mencapai kematangan dalam beriman dan bertaqwa  kepada Tuhan Yang Maha Esa

Bidang Bimbingan
Rumusan Kompetensi
Materi Pengembangan Kompetensi
Kelas
Kegiatan Layanan 1)
Kegiatan Pendukung2)
Penilaian3)
Keterangan


1
2
3
4
5
6
7
8


Bimbingan Pribadi
1.       Memiliki kemantapan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai agama yang dianut
-    Hakekat iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
-    Mengagumi kebesaran Tuhan melalui ciptaannya
-    Menggali potensi diri untuk mengembangkan peranannya dalam kegiatan keagamaan di sekolah
X, XI, XII
ORIN
INFO
PBLJ
APIN
HPDT
Laijapen
Laijapan
Bekerja sama dengan guru Agama


2.       Memiliki kemantapan dalam melaksanakan kaidah-kaidah ajaran agama yang dianut
-    Hakekat manusia sebagai makhluk Tuhan
-    Melaksanakan kaidah-kaidah agama untuk                      mengembangkan aktualisasi diri


Bimbingan Sosial

1.       Memiliki kemantapan keyakinan tentang aspek-aspek sosial kehidupan beragama
-  Nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari- hari
-    Peran siswa dalam pembangunan tempat      ibadah di sekolah
-    Mengembangkan fungsi tempat ibadah di      sekolah           
X, XI, XII
ORIN
INFO
PBLJ
APIN
HPDT
Laijapen
Laijapan
Bekerja sama dengan guru Agama


2.       Melaksanakan secara mantap aspek-aspek sosial kehidupan beragama
-    Toleransi antar umat beragama
-    Mengembangkan kepedulian siswa sesuai      ajaran agama yang dianut
-    Mengelola organisasi kerohanian siswa
-    Cara bergaul dengan teman sesuai dengan                 ajaran agama

1)     Jenis layanan :
        ORIN                =  layanan Orientasi
        KPOR              =  layanan Konseling Perorangan
        INFO                =  layanan Informasi
        BIKP                =  layanan Bimbingan Kelompok
        PPNL               =  layanan Penempatan dan Penyaluran
        KOKP              =  layanan Konseling Kelompok
        PBLJ                =  layanan Pembelajaran
2)   Jenis Kegiatan Pendukung
      APIN                =    Aplikasi Instrumentasi
      HPDT              =    Himpunan Data
      KFKS               =    Konferensi Kasus
      KJRM              =    Kunjungan Rumah
      ATKS               =    Alih Tangan Kasus

3)   Tahap Penilaian :
      Laiseg              =    penilaian segera
      Laijapen           =    penilaian jangka pendek
      Laijapan           =    penilaian jangka panjang
     




2
3
4
5
6
7
8


Bimbingan Belajar

1.    Memiliki kemantapan keyakinan bahwa belajar  merupakan perintah Tuhan Yang Maha Esa
-    Belajar seumur hidup
-    Belajar sebagai wujud ibadah
-    Belajar menjamin keberhasilan hidup dunia      dan akhirat
X, XI, XII
INFO
KPOR
KPOK
APIN
HPDT
Laijapen
Laijapan
Bekerja sama dengan guru Agama


2.    Memiliki kemantapan keyakinan bahwa kegiatan belajar yang sebaik-baiknya akan meningkatkan mutu kehidupan beragama
-    Kesuksesan belajar meningkatkan kualitas ibadah
-    Fungsi ajaran agama  di era globalisasi


3.    Mampu mewujudkan secara efektif, efisien dan produktif tentang kegiatan belajar sesuai dengan ajaran agama
-    Belajar yang efektif dan efisien sesuai ajaran agama
-    Motivasi belajar dalam kehidupan beragama


Bimbingan Karir

1.    Memiliki kemantapan keyakinan bahwa bekerja dan pengembangan karir merupakan perintah Tuhan Yang Maha Esa
-    Bekerja sebagai bagian dari ibadah
-    Pengembangan sikap positif terhadap karier sesuai ajaran agama
X, XI, XII
ORIN
INFO
APIN
HPDT
Laijapen
Laijapan
Bekerja sama dengan guru Agama


2.    Memiliki kemantapan keyakinan bahwa bekerja dan pengembangan karir dapat meningkatkan kehidupan beragama
-    Kesuksesan dalam karier menunjang  peningkatan ibadah
-    Bekerja untuk ibadah
-    Sikap kerja keras dan tawakal dalam bekerja


3.    Mampu mewujudkan secara efektif, efisien dan produktif tentang pengembangan persiapan karir sesuai dengan ajaran agama
-    Pemilihan karir sesuai dengan ajaran agama.
-    Berdoa sebelum dan sesudah bekerja
-    Aplikasi nilai-nilai agama dalam pengembangan karir























                                                                                                                                                      Tugas Perkembangan 2. :           Mencapai kematangan dalam hubungan teman sebaya, serta                                                                                                                         kematangan dalam perannya sebagai pria atau wanita

Bidang Bimbingan
Rumusan Kompetensi
Materi Pengembangan Kompetensi
Kelas
Kegiatan Layanan
Kegiatan Pendukung
Penilaian
Keterangan
1
2
3
4
5
6
7
8
Bimbingan Pribadi
Memiliki kesadaran pentingnya hubungan teman sebaya yang sehat dalam peranan yang mantap sebagai pria atau wanita
-  Etika pergaulan pria dan wanita
-  Karakteristik sebagai pria dan wanita
-  Perbedaan peran antara pria dan wanita
X, XI, XII
ORIN
PBLJ
BIKP
APIN
HPDT
Laijapen
Laijapan
Bekerja sama dengan guru PKn
Bimbingan Sosial
Mampu menjalin hubungan yang sehat dan dinamis dengan teman sebaya dalam peranannya sebagai pria atau wanita
-  Etika bergaul dengan lain jenis
-  Mengikuti Organisasi Sekolah sesuai pengembangan peranannya sebagai pria atau wanita.
X, XI, XII
ORIN
INFO
PBLJ
APIN
HPDT
Laijapen
Laijapan
Bekerja sama dengan wali kelas dan Wakasek kesiswaan
Bimbingan Belajar

1.       Memiliki pemantapan pemahaman tentang pentingnya hubungan teman sebaya dalam kegiatan belajar
-  Pembentukan Kelompok Belajar
-  Pemilihan Kegiatan Ekstrakurikuler
-  Memilih teman sebaya untuk kelompok belajar
-  Bimbingan Teman Sebaya (BTS)
X, XI, XII
ORIN
INFO
PBLJ
APIN
HPDT
Laiseg
Laijapen
Laijapan
Bekerja sama dengan Wali kelas dan  Wakasek Kesiswaan
2.       Mampu mewujudkan pentingnya hubungan teman sebaya dalam kegiatan belajar

-  Menjaga hubungan baik dengan teman sebaya untuk sukses dalam belajar.
-  Dampak positif dan negatif hubungan dalam kelompok belajar



1
2
3
4
5
6
7
8
Bimbingan Karir

1.       Memiliki kemantapan pemahaman tentang manfaat hubungan teman sebaya dalam pengembangan perencanaan karir tanpa membeda-bedakan kedudukan jenis kelamin tertentu dalam berkarir
-    Manfaat hubungan teman sebaya dalam pengembangan karir
-    Teman sebagai sebagai sumber informasi karir
-    Pemanfaatan reuni alumni dapat menjadi sumber informasi kerja
X, XI, XII
INFO
BIKP
APIN
HPDT
Laiseg
Laijapen
Laijapan
Bekerja sama dengan Bursa Kerja Khusus dan orang tua
2.       Mampu mewujudkan pentingnya hubungan teman sebaya dalam pilihan karir tanpa membeda-bedakan kedudukan jenis kelamin tertentu dalam berkarir
-    Memilih kegiatan ekstrakurikuler guna pengembangan karir.
-    Kegiatan asah trampil lewat kursus tertentu.
-    Membuat perencanaan masa depan



                              Tugas Perkembangan 3. : Mencapai kematangan pertumbuhan jasmaniah yang sehat

Bidang Bimbingan
Rumusan Kompetensi
Materi Pengembangan Kompetensi
Kelas
Kegiatan Layanan
Kegiatan Pendukung
Penilaian
Keterangan
1
2
3
4
5
6
7
8
Bimbingan Pribadi
1.       Memiliki pemantapan pemahaman tentang kondisi jasmaniah yang sehat  sesuai dengan jenis kelaminnya sebagai pria atau wanita
-    Tahap-tahap perkembangan masa remaja
-    Ciri-ciri pertumbuhan jasmaniah berdasarkan jenis kelamin.
-    Pertumbuhan remaja yang sehat
X, XI, XII
INFO
PBLJ
BIKP
KPOR
APIN
HPDT
Laiseg
Laijapen
Laijapan
Bekerja sama dengan guru Penjasorkes
2.       Memiliki kemampuan untuk meme-lihara dan merawat kondisi jasmaniah yang sehat
-    Upaya memelihara dan merawat kondisi jasmani yang sehat
-    Pola hidup sehat dengan makanan yang bergizi dan seimbang
Bimbingan Sosial

1.       Menyadari pentingnya kondisi jasmani yang sehat dalam hubungan sosial
-    Cara bergaul yang sehat pada remaja.
-    Bahaya narkoba dan sek bebas
X, XI, XII
INFO
PBLJ
BIKP
KOKP
APIN
HPDT
Laijapen
Laijapan

2.       Mampu menampilkan kondisi jasmani yang sehat dalam hubungan sosial
-    Tampil meyakinkan di depan umum    
-    Cara berpenampilan yang menarik dan sehat


1
2
3
4
5
6
7
8
Bimbingan Belajar

1.       Memiliki pemahaman yang mantap tentang pentingnya kondisi jasmani yang sehat dalam kegiatan belajar
-    Pengaruh antara kesehatan jasmani dan rohani pada diri anak.
-    Pengaruh kesehatan jasmani dalam motivasi belajar.
X, XI, XII
INFO
PBLJ
BIKP
APIN
HPDT
Laiseg
Laijapen
Laijapan

2.       Mampu memelihara dan merawat kondisi jasmani yang sehat untuk belajar
-    Menjaga kondisi fisik agar sehat dalam
     belajar
-    Manfaat pola hidup sehat dalam kegiatan belajar.
Bimbingan Karir

1.       Memiliki pemahaman yang mantap tentang pentingnya kondisi yang sehat dalam pengembangan karir
-  Memelihara kesehatan dalam mengembangkan karir
-  Mengembangkan kesehatan mampu meningkatkan karirt
-  Memahami kesehatan mampu menciptakan karir                                                                
                                                      
X, XI, XII
INFO
PBLJ
BIKP
APIN
HPDT

Laijapen
Laijapan

2.       Mampu memelihara dan merawat kondisi jasmani yang sehat dalam rangka pengembangan persiapan karir
-  Pola makan menentukan masa depan
-  Tubuh yang sehat merupakan pangkal keberhasilan
-  Peranan kesehatan jasmani terhadap kelanjutan studi                
- Pengaruh kesehatan jasmani terhadap prestasi karir


                                                                                                                                    Tugas Perkembangan  4           :       Mengembangkan penguasaan ilmu, teknologi,  dan kesenian sesuai dengan program kurikulum, persiapan karir dan melanjutkan pendidikan tinggi, serta  berperan dalam kehidupan masyarakat yang lebih luas

                                                                                                                        Bidang Bimbingan
Rumusan Kompetensi
Materi Pengembangan Kompetensi
Kelas
Kegiatan Layanan
Kegiatan Pendukung
Penilaian
Keterangan
1
2
3
4
5
6
7
8
Bimbingan Pribadi
1.    Memiliki kesadaran dan dorongan yang kuat untuk menguasai ilmu, teknologi dan seni yang menjadi program sekolah
-    Pengaruh Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam tatanan  kehidupan
-    Pentingnya menuntut ilmu sesuai dengan minat dan bakat yang dimilikinya.
X, XI, XII
INFO
ORIN
PBLJ
BIKP
PPNL
KPOR
APIN
HPDT
ATKS
Laiseg
Laijapen
Laijapan






Bekerjasama dengan guru TI, Bursa Kerja Khusus,  alumni dan orang tua
2.    Memiliki kesadaran dan dorongan untuk melanjutkan pendidikan pada tingkat yang lebih tinggi
-    Informasi Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta.
-    Orientasi Perguruan Tinggi
-    Rencana studi lanjut
3.   Memiliki kesadaran dan dorongan untuk mempersiapkan karir yang cocok bagi dirinya
-    Konsep karir sesuai potensi yang dimiliki
-    Pemilihan program studi sekolah lanjutan
-    Pemilihan bidang kerja sesuai dengan program keahlian di SMK
4.    Memiliki kesadaran dan dorongan untuk berperan aktif dalam kehidupan masyarakat
-    Manfaat  berorganisasi di masyarakat
-     Berperan aktif dalam kehidupan masyarakat



1
2
3
4
5
6
7
8



Bimbingan Sosial
1.       Memahami dan mewujudkan aspek-aspek sosial untuk materi yang dipelajari di SMK
-    Kemampuan berkomunikasi
-    Pengenalan berbagai teknologi informasi dan komunikasi
-    Perlunya penguasaan teknologi informasi
-    Mensikapi perubahan sosial lingkungan sekitar

X, XI, XII
ORIN
INFO
PPNL
BIKP
APIN
HPDT
ATKS
Laiseg
Laijapen
Laijapan







Bekerjasama dengan guru TI , Bursa Kerja Khusus dan instansi terkait
2.    Memahami dan mewujudkan aspek-aspek sosial dari upaya melanjutkan pendidikan  yang lebih tinggi
-    Pengenalan sistem penerimaan mahasiswa
-    Cara mengikuti SPMB
-    Orientasi belajar di Perguruan Tinggi

3.    Memahami dan mewujudkan aspek-aspek sosial dalam mempersiapkan  karir
-    Pengenalan jenis dan syarat karir
-    Pengenalan Perusahaan-perusahaan dan cara rekruitmen karyawan
-    Pengenalan dan wawancara tokoh sukses dalam masyarakat
4.    Memahami dan mewujudkan aspek-aspek sosial dalam kehidupan bermasyarakat
-    Jenis-jenis organisasi dalam masyarakat
-    Taat dan patuh terhadap norma
-    Bersikap adil

























































































1
2
3





Bimbingan Belajar
1.    Mampu mempraktikkan cara-cara belajar dengan menggunakan sumber-sumber yang bervariasi, luas dan kaya

-     Penguasaan penggunaan alat-alat multi media

-    Belajar efektif dan efisien
X, XI, XII
INFO
KPOR
PBLJ
APIN
HPDT
ATKS
KJRM
Laijapen
Laijapan
Bekerjasama dengan guru TI dan instansi terkait
2.    Mampu belajar secara optimal untuk menguasai pelajaran-pelajaran produktif di SMK.
-    Teknik membaca gambar teknik
-    Teknik menghitung cepat
-    Life skill lulusan SMK

X, XI, XII
INFO
PBLJ
PPNL
BIKP
APIN
HPDT
ATKS
Laiseg
Laijapen
Laijapan

Bekerjasama dengan guru mata pelajaran dan instansi terkait
3.    Mampu belajar secara optimal untuk menguasai bekal bagi program pendidikan lebih tinggi
-    Program dan prospek lanjutan pendidikan SMK
-    Strategi penguasaan materi pelajaran sesuai jurusan yang diminati.
-    Orientasi belajar di Perguruan Tinggi
-    Keterampilan belajar
4.    Mampu belajar secara optimal untuk pengembangan persiapan karir
-    Penguatan mental interpreneurship
-    Membangun visi dan misi hidup sebagai persiapan karir.
5.    Mampu belajar secara optimal untuk kehidupan dalam masyarakat
-       Modal dasar sukses belajar dan sukses hidup di masa datang
-    Pemahaman diri dan lingkungan


1
2
3
4
5
6
7
8
Bimbingan Karir
1.       Mampu mengaitkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh di SMK dengan karir-karir tertentu.
-    Pengenalan dan informasi bursa kerja
-    Perencanaan diri dalam pengembangan karir
XI, XII
INFO
PBLJ
PPNL
BIKP
APIN
HPDT
ATKS
Laiseg
Laijapen
Laijapan
Bekerjasama dengan wali kelas, Bursa Kerja Khusus dan instansi terkait
2.   Mampu mengaitkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh di SMK dengan arah pengembangan karir tertentu
-    Arah program studi yang dikembangkan di sekolah
-    Profil lulusan setiap program studi
-    Studi lapangan ke dunia kerja untuk mendapatkan gambaran karir.
3.     Mampu menyelenggarakan pengembangan persiapan karir
-    Menentukan jenis dan bidang pekerjaan untuk mempersiapkan karir
-    Keputusan untuk memilih jurusan/program keahlian
4.     Mampu memanfaatkan peranan dalam kehidupan masyarakat yang lebih luas untuk pengembangan persiapan karir.
-    Identifikasi potensi diri untuk persiapan karir
-    Menentukan pilihan karir.



                                                                                                                                                Tugas Perkembangan  5    :      Mencapai kematangan dalam pilihan  karir

Bidang Bimbingan
Rumusan Kompetensi
Materi Pengembangan Kompetensi
Kelas
Kegiatan Layanan
Kegiatan Pendukung
Penilaian
Keterangan
1
2
3
4
5
6
7
8
Bimbingan Pribadi
1.       Memiliki kemantapan pemahaman tentang perlunya pilihan karir yang tepat untuk dikembangkan lebih lanjut
-    Kreteria pilihan karir
-    Macam-macam jabatan dan cara-cara pemilihan karir.
-    Pengembangan karir.
X, XI, XII
ORIN
INFO
BIKP
APIN
HPDT
Laiseg
Laijapen
Laijapan
Kerjasama dengan:
1.    PT
2.    Alumni
3.    Lembaga  yang terkait
Bimbingan Sosial

1.       Memiliki kemantapan tentang pemahaman pengaruh sosial terhadap pemilihan karir
-    Karier Day      
-    Pengaruh hubungan sosial dalam pemilihan karir.
-    Informasi dunia kerja
X, XI, XII
ORIN
INFO
PPNL
APIN
HPDT
ATKS
Laiseg
Laijapen
Laijapan
Kerjasama dengan:
1. Bursa kerja

2.       Mewujudkan pengaruh sosial yang positif dalam pemilihan karir
-    Pengembangan jiwa kewirausahaan
-    Pengenalan dunia kerja guna pengembangan karir.
-    Kunjungan ke PT dan BLK
Bimbingan Belajar

1.       Memiliki pemahaman tentang peranan kegiatan belajar dalam pemilihan karir
-     Peranan kegiatan belajar dalam pilihan karir

X, XI, XII
ORIN
KPOR
PPNL
APIN
HPDT
Laijapen
Laijapan
Bekerjasama dengan Guru MP dan wali kelas
2.       Mampu mewujudkan kegiatan peranan belajar dalam rangka pilihan karir
-    Pentingnya belajar dalam persiapan karir.



1
2
3
4
5
6
7
8
Bimbingan Karir

1.       Memiliki pemahaman tentang aspek-aspek yang terkait dengan berbagai jenis karir
-    Berbagai jenis karir dan permasalahannya
-    Kiat-kiat untuk memasuki dunia kerja
X, XI, XII
Semua jenis layanan
Semua kegiatan pendukung
Semua tahap penilaian
Bekerjasama dengan Orang-orang sukses
2.       Mampu mengidentifikasi keserasian karakteristik diri sendiri dengan aspek-aspek berbagai jenis karir
-    Identifikasi aspek-aspek karir tertentu yang menjadi alternatif pilihan karir.
-    Identifikasi karakteristik diri dalam kaitan pilihan karir.
-    Peran minat dalam pengembangan karir
3.       Mampu mengambil keputusan tentang pilihan karir
-    Cara pengambilan keputusan dan pengembangan karir
4.       Mampu mengarahkan dirinya melalui kegiatan belajar dan lainnya sesuai dengan pilihan karir
-     Pemilihan kegiatan belajar yang sesuai pilihan karir
-     Jadwal dan program kegiatan belajar yang mengarah pada pilihan karir.
5.       Memiliki sikap dan semangat kewirausahaan
-     Sikap dan semangat dalam kewirausahaan
6.       Menguasai keterampilan khusus kejuruan dalam karir yang dipilihnya
-     Pengenalan bidang-bidang pekerjaan dan perusahaan sesuai pilihan karir.


 Tugas Perkembangan 6.  :     Mencapai kematangan gambaran dan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, sosial, intelektual dan ekonomi

Bidang Bimbingan
Rumusan Kompetensi
Materi Pengembangan Kompetensi
Kelas
Kegiatan Layanan
Kegiatan Pendukung
Penilaian
Keterangan
1
2
3
4
5
6
7
8
Bimbingan Pribadi
1.       Memiliki gambaran yang mantap tentang kehidupan mandiri secara emosional, sosial, intelektual dan ekonomi
-  Pemahaman sikap hidup mandiri secara emosional, intelektual, sosial, dan ekonomi.
-  Beradaptasi dengan lingkungan secara mandiri
-  Hubungan yang sehat dan saling hormat menghormati antar sesama.
X, XI, XII
ORIN
INFO
BIKP
APIN
HPDT
Laiseg
Laijapan

2.       Memiliki sikap yang mantap untuk mewujudkan kehidupan mandiri secara emosional, sosial intelektual dan ekonomi
-  Sikap hidup mandiri di era globalisasi.
-  Sikap kewirausahaan
-  Membangun sikap usaha mandiri dalam perkembangan Ilmu Pengetahuan.
Bimbingan Sosial

1.       Memiliki kemantapan gambaran tentang aspek-aspek sosial dalam kehidupan mandiri secara emosional, sosial, intelektual dan ekonomi
-  Kemandirian secara sosial dan emosional dalam kehidupan
-    Kehidupan mandiri secara ekonomi
-    Peran  intelektual dalam kehidupan mandiri.
X, XI, XII
ORIN
INFO
BIKP
APIN
HPDT
Laiseg
Laijapan
Bekerjasama dengan Kewirausahaan dan Pembina Koperasi
2.       Memiliki kemampuan untuk mewujudkan aspek-aspek sosial dalam kehidupan mandiri secara emosional, sosial, intelektual dan ekonomi
-    Pengambilan keputusan dalam menghadapi masalah
-    Pengelolaan kehidupan ekonomi yang baik



1
2
3
4
5
6
7
8
Bimbingan Belajar

1.       Memiliki pemahaman tentang aspek-aspek belajar untuk mengembangkan kehidupan mandiri secara emosional, sosial, intelektual dan ekonomi
-  Aspek-aspek belajar
-  Pengenalan IQ, EQ, SQ, dan AQ
-  Manfaat tes psikologis
X, XI, XII
BIKP
PBLJ
KOKP
APIN
HPDT
Laiseg
Laijapen
Laijapan
Bekerjasama dengan orang tua, wali kelas, dan instansi terkait
2.        Mampu mewujukan aspek-aspek belajar dan kegiatan belajar dalam kehidupan mandiri secara emosional, sosial, intelektual dan ekonomi
-  Cara belajar efektif dan efisien
-  Kebiasaan belajar mandiri
-  Pengembangan aspek-aspek belajar dalam 
    kehidupan mandiri
Bimbingan Karir

1.       Memiliki pemahaman tentang keterkaitan kehidupan mandiri secara emosional, sosial, intelektual dan ekonomi dengan berbagai jenis karir
-  Pembentukan konsep diri
-  Visi hidup yang jelas      
-  Jenis-jenis pekerjaan (sesuai KJI)
-  Persyaratan emosional, sosial, intelektual dalam dunia kerja.
-  Perolehan ”gaji” dalam suatu pekerjaan
X, XI, XII
ORIN
INFO
BIKP
APIN
HPDT
Laiseg
Laijapan
Bekerjasama dengan Bursa Kerja Khusus dan BLK
2.       Mampu mengaitkan kehidupan mandiri secara emosional, sosial, intelektual dan ekonomi dengan karir yang dipilihnya
-  Ambisi, kenyataan, dan usaha
-  Disiplin diri dan kesuksesan dalam bekerja
-  Menumbuhkan motivasi kerja dalam meraih cita-cita
-  Mewujudkan cita-cita

3.       Mampu mengembangkan kemandirian diri  secara emosional, sosial, intelektual dan ekonomi sesuai dengan karir yang dipilihnya
-  Harapan dan peluang meraih pekerjaan
-  Kunjungan ke balai latihan kerja
-  Kunjungan ke industri sesuai pilihan karir
-  Memilih pekerjaan sesuai potensi diri.



                                                                                                                                      Tugas Perkembangan 7. :     Mencapai kematangan gambaran dan sikap tentang kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

Bidang Bimbingan
Rumusan Kompetensi
Materi Pengembangan Kompetensi
Kelas
Kegiatan Layanan
Kegiatan Pendukung
Penilaian
Keterangan

1
2
3
4
5
6
7
8




Bimbingan Pribadi
1.    Memiliki gambaran yang mantap tentang kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
- Cara kehidupan keluarga,bermasyarakat,berbangsa dan bernegara.
* Keluarga sejahtera
* Peranan masing-masing anggota keluarga dalam kehidupan sehari-hari.
* Nilai-nilai kehidupan dalam bermasyarakat.

XII
ORIN
INFO
PBLJ
BIKP
APIN
HPDT
Laiseg
Laijapan
Bekerjasama dengan Guru Pkn


2.    Memiliki sikap yang mantap untuk mengarahkan diri bagi terwujudnya kehidupan yang sehat untuk berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
- Sikap untuk mengarahkan diri bagi terwujudnya kehidupan  yang  sehat .
* Nilai atau norma yang berlaku di keluarga, masyarakat dan negara.
* Adat istiadat / Budaya.

Bimbingan Sosial

1.    Memiliki kemantapan gambaran tentang aspek-aspek sosial dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
   -    Aspek-aspek sosial dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
    * Pengertian aspek sosial
    * Peranan dan fungsi anggota keluarga, masyarakat .
X, XI
ORIN
INFO
BIKP
APIN
HPDT
Laiseg
Laijapan


2.    Memiliki kemampuan untuk mewujudkan tentang aspek-aspek sosial dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

-       Penerapan aspek-aspek sosial dalam Kehidupan keluarga , masyarakat, bangsa dan negara.
·         Kerja sama dalam kehidupan keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.
·         Toleransi dalam kehidupan keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.



1
2
3
4
5
6
7
8




Bimbingan Belajar

1.       Memiliki kemantapan gambaran dan sikap tentang aspek-aspek belajar untuk berkehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
- Belajar tentang kehidupan keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara.
 * Sikap belajar untuk kehidupan keluarga , masyarakat, bangsa dan negara.
 * Hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga, masyarakat, dan warga negara.

X, XI, XII
ORIN
INFO
BIKP
APIN
HPDT
Laiseg
Laijapen

2.       Mampu mewujudkan aspek-aspek dan kegiatan belajar untuk membangun kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
Cara membangun kehidupan keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.
·         Kesadaran belajar dalam kehidupan keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.
·         Motivasi belajar dalam kehidupan keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.





Bimbingan Karir

1.       Memiliki kemantapan pemaham-an pemantapan gambaran dan sikap aspek-aspek karir yang terkait dengan kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
- Cara mewujudkan aspek-aspek karir dalam kehidupan keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.
*  Pemilihan karir secara tepat .
*  Pengembangan karir yang sehat .

X, XI, XII
INFO
PBLJ
BIKP
APIN
HPDT
Laiseg
Laijapen
Bekerjasama dengan Bursa Kerja Khusus
2.       Mampu mengembangkan diri untuk karir yang dipilihnya berkenaan dengan kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, bernegara dan berbangsa
-  Membuat perencanaan masa depan tentang kehidupan keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.
   * Menyusun rencana karir.
   * Membuat keputusan dalam pemilihan karir..









                                                                                                                            Tugas Perkembangan 8.      :                Mengembangkan kemampuan komunikasi sosial dan intelektual  serta apresiasi seni

Bidang Bimbingan
Rumusan Kompetensi
Materi Pengembangan Kompetensi
Kelas
Kegiatan Layanan
Kegiatan Pendukung
Penilaian
Keterangan
1
2
3
4
5
6
7
8
Bimbingan Pribadi
1.    Memiliki kemantapan kesadaran tentang pentingnya komunikasi sosial dan intelektual secara efektif, efisien dan produktif
-  Komunikasi sosial dan intelektual
-  Komunikasi intelektual sebagai sarana aktualisasi diri.
X, XI, XII
INFO
BIKP
APIN
HPDT
Laiseg
Laijapen
Laijapan

2.    Memiliki kemantapan kesadaran tentang pentingnya apresiasi seni
-    Melestarikan budaya dan seni dalam kehidupan sehari-hari
-    Menyalurkan bakat dan minat pada bidang seni
Bimbingan Sosial

1.    Memiliki kemantapan pemahanan tentang aspek-aspek sosial dalam berkomunikasi sosial dan intelektual serta apresiasi seni
-    Mengembangkan sikap positif dalam berkomunikasi baik sosial maupun intelektual
-  Mengembangkan kemampuan apresiasi seni
X, XI, XII
INFO
BIKP
APIN
HPDT
Laiseg
Laijapen
Laijapan


Bekerjasama dengan media massa
2.    Mampu mewujudkan tentang aspek-aspek sosial dalam berkomunijkasi sosial dan intelektual serta apresiasi seni.
-  Etika berkomunikasi baik lisan maupun tulisan
Bimbingan Belajar

1.    Memiliki kemantapan pemahaman tentang aspek-aspek belajar dalam berkomunikasi sosial dan intelektual serta apresiasi seni
- Kreatif dan inovatif dalam berkomunikasi sosial, intelektual serta apresiasi seni
X, XI, XII
INFO
BIKP
APIN
HPDT
Laiseg
Laijapen
Laijapan
Bekerjasama dengan Guru MP

2.    Mampu mewujudkan aspek-aspek dan kegiatan belajar dalam berkomunikasi sosial dan intelektual, serta apresiasi seni
-  Mempergunakan alat-alat komunikasi dalam berkomunikasi sosial dan intelektual.
-  Internet sebagai sarana berlajar berkomunikasi
-  Lomba karya ilmiah remaja


1
2
3
4
5
6
7
8

3.    Mampu mewujudkan aspek-aspek dan kegiatan belajar dalam berkomunikasi sosial dan intelektual, serta apresiasi seni
-  Mempergunakan alat-alat komunikasi dalam berkomunikasi sosial dan intelektual.
-  Internet sebagai sarana belajar berkomunikasi
-  Lomba karya ilmiah remaja





Bimbingan Karir

1.       Memiliki kemantapan pemahaman tentang pentingnya berkomunikasi sosial dan intelektual serta apresiasi seni dalam pekerjaan dan pengembangan karir
-  Pentingnya berkomunikasi sosial dan intelektual serta aspirasi seni dalam pengembangan karir.
-  Sikap yang tepat dan benar dalam bersosialisasi dalam dunia kerja/karir.
-  Sistem nilai yang berkaitan dengan dunia kerja.
X, XI, XII
INFO
BIKP
APIN
HPDT
Laiseg
Laijapen
Laijapan
Bekerjasama dengan dunia usaha
2.       Mampu mengembangkan diri dalam berkomunikasi sosial dan intelektual dan atau apresiasi seni berkenaan dengan karir yang dimiliki
-  Pengembangan diri dalam berkomunikasi sosial dan intelektual berkenaan dengan karir yang dimiliki.
-  Berkomunikasi yang efektif dan efisien
-  Bersosialisasi yang baik dengan menunjang perkembangan dan kesuksesan karir.


 Tugas Perkembangan 9. : Mencapai kematangan dalam sistem etika dan nilai

Bidang Bimbingan
Rumusan Kompetensi
Materi Pengembangan Kompetensi
Kelas
Kegiatan Layanan
Kegiatan Pendukung
Penilaian
Keterangan

1
2
3
4
5
6
7
8

Bimbingan Pribadi
Memiliki kemantapan kesadaran tentang pentingnya sistem etika dan nilai serta penerapannya secara tepat dalam berbagai setting kehidupan.
-  Sistem etika dan nilai dalam berbagai setting kehidupan.
-  Penerapan etika dan nilai dalam berbagai setting kehidupan
-  Etika bergaul dalam masyarakat
X, XI, XII
ORIN
INFO
PBLJ
APIN
HPDT
Laijapen
Laijapan


Bimbingan Sosial

1.       Memiliki kemantapan pemahaman tentang aspek-aspek sosial dalam sistem etika dan nilai
-  Pengendalian diri dalam menghadapi konflik
-  Pengenalan norma yang berlaku di masyarakat
-  Bergaul sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat.
-  Menghargai perbedaan pendapat
X, XI, XII
Semua jenis layanan
Semua kegiatan pendukung
Semua jenis penilaian


2.       Mampu mewujudkan tentang aspek-aspek sosial dalam sistem etika dan nilai
-  Norma-norma yang berlaku di masyarakat
-  Nilai-nilai kehidupan





1
2
3
4
5
6
7
8
Bimbingan Belajar

1.       Memiliki kemantapan pemaham-an tentang aspek-aspek belajar dalam sistem etika dan nilai
-  Aspek belajar dalam sistem etika dan nilai

X, XI, XII
INFO
PBLJ
BIKP
Semua kegiatan pendukung
Semua jenis penilaian

2.       Mampu mewujudkan aspek-aspek dan kegiatan belajar dalam sistem etika dan nilai serta penerapannya dalam berbagai setting kehidupan
-  Penerapan aspek kegiatan belajar dalam sistem etika dan nilai.


Bimbingan Karir

1.       Memiliki kemantapan pemahaman tentang pentingnya sistem etika dan nilai dalam pekerjaan dan pengembangan karir
-    Petingnya sistem etika dan nilai dalam pekerjaan dan pengembangan karir.
-    Etika dan nilai dalam pemilihan pekerjaan dan proses pengembangan karir.
-    Pentingnya kebersamaan dalam lingkungan kerja
X, XI, XII
Semua jenis layanan
Semua kegiatan pendukung
Semua jenis penilaia

2.       Mampu mewujudkan sistem etika dan nilai dalam pekerjaan dan pengembangan karir
-    Sikap dalam bekerja dan pengembangan karir
-    Perilaku yang bersahabat, terbuka dan luwes dalam bergaul
-    Bekerja dengan penuh tanggung jawab
-    Semangat juang dan etos kerja.

                                                                                                                                                                  Purbalingga,     Juli 2011
     Mengetahui
     Kepala Sekolah                                                                   Waka Kurikulum                                       Guru Pembimbing



     Drs. KUSMANTO                                                             MAFUL HIDAYAT, S.PdI                     DHANIEK  L, S.Psi
     NIP. 19600929 198703 1 006                                            NIP. 19771212 200903 1                         NIP. 19840315 200903 2 007
 
                                   
                                                                                                                                                                               

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More