Kamis, 29 Maret 2012

laporan bk

LAPORAN PELAKSANAAN PROGRAM
PELAYANAN KONSELING

SEKOLAH : ……………………… SEMESTER : ……………………………
KELAS : XI IPA 2 KONSELOR : ……………………………


NO. TANGGAL KEGIATAN SASARAN KEGIATAN MATERI KEGIATAN KEGIATAN

PELAYANAN EVALUASI
HASIL PROSES
1. 25 Juli 2005

10.15–11.45
Kelas XI IPA 2 Pengungkapan masalah umum Aplikasi intrumentasi • Laiseg: Siswa memahami tujuan pengungkapan masalah dan sangat mengharapkan hasil-hasilnya
• Laijapen: Siswa memahami permasalahan mereka dan banak diantaranya yang mengkonsultasikan kepada konselor untuk mendapat pelayanan
• Laijapang: Permasalahan siswa jauh berkurang



Pengadministrasikan AUM berjalan lancar
2. 26 Juli 2005

10.15–11.45

Kelas XI IPA 2 Penjurusan bagi siswa SMA Informasi • Laiseg: Siswa memahami arah penjurusan
• Laijapen: Siswa menyesuaikan diri dengan jurusannya
• Laijapang: Permasalahan penjurusan dapat diatasi siswa




Penyajian disertai diskusi dengan partisipasi aktif siswa
3. 26 Juli 2005

16.00-17.15 ANDIKA,
RESTYSARI,
CANGGIH,
EDOR, HALIM, CLEPER, ASTI, LISA,
TUTI, DOGSAY
Memasuki tahun ajaran baru
Bimbingan kelompok
• Laiseg: Anggota kelompok memahami tuntutan kelas baru
• Laijapen: Anggota kelompok menyesuaikan diri terhadap kelas baru
• Laijapang: Tuntutan kelas baru dapat dipenuhi oleh siswa Siswa gembira mengikutinya; kekurangan waktu karena hari semakin sore
4. 27 Juli 2005
IJUL
Kemampuan melanjutkan pelajaran Konseling perorangan • Laiseg: Siswa dengan senang hati memahami dan berupaya memenuhi tuntutan menjalani kelas XI IPA di SMA
• Laijapen: Siswa semakin mantap mengikuti pelajaran
• Laijapang: Siswa tetap mengikuti pelajaran dengan baik



Agak terganggu oleh suasana di luar ruangan konseling
5. 28 Juli 2005 AFIZAH, RAHMA,
NABILA,
ICAL, ARIL,
BAGAS,
ANO, ADI, UPIK,
ALEXANDER Bakat untuk memasuki jurusan IPA Konseling Kelompok • Laiseg: Siswa tidak perlu ragu tentang kecocokan dirinya untuk jurusan IPA
• Laijapen: Siswa semakin mantap berada pada jurusan IPA
• Laijapang: Siswa senang berada pada jurusan IPA
Anggota kelompok secara aktif memberikan sumbangan yang sangat berarti bagi siswa yang masalahnya dibahas. Kesem-patan berikutnya membahas masalah siswa lain.



Mengetahui, ……………………………..
Kepala Sekolah ……………………….. Konselor Sekolah,




(…………………………………………) ( ….....……………………….)
NIP. NIP.





JENIS LAYANAN KONSELING
YANG DITERIMA PESERTA DIDIK

SEKOLAH : ……………. SEMESTER : .......................
KELAS : .................. KONSELOR : ………………..


NO.
N A M A
NIS JENIS LAYANAN
ORIEN
TASI INFOR
MASI PENEM/
PENY PENG
KONT KONS PEROR BIMB KLP KONS KLP KONSUL
TASI MEDI
ASI JML
1. Astiasih 578 v v v v v v v - - 7
2. Afizah 579 V V V V - V V - - 6
3. Joy 580 V V V V - V V - - 6
4. Buletin 581 V V - V - V V - - 5
5. Joni 582 V V - V V V V - - 6
6. Teten 583 V V V V - V V - - 6
7. Nasori 584 V V V V V V V - - 7
8
9
10
11
12
13
14
15

Mengetahui, ……………………………..
Kepala Sekolah ……………………….. Konselor Sekolah,




(…………………………………………) ( ….....……………………….)
NIP. NIP.

NILAI HASIL
PELAYANAN KONSELING

SEKOLAH : …….…….. SEMESTER : .......................
KELAS : .................. KONSELOR : ……………….

NO. N A M A NIS NILAI KETERANGAN
1 Astiasih 578 A -
2 Joy 579 B Masih ada hal yang perlu diperhatikan
3 Buletin 580 B Masih ada hal yang perlu diperhatikan
4 Joni 581 A -
5 Teten 582 A -
6 Nasori 583 A -
7 Martius 584 B Masih ada hal yang perlu diperhatikan



Keterangan: ............., .............. 200..

• Nilai yang diberikan hanya ada dua kategori : Konselor
Nilai A berarti memuaskan
Nilai B berarti memadai

• Kolom keterangan diisi masih ada hal yang perlu
diperhatikan bila keadaannya memang demikian ( ............................)

VOLUME KEGIATAN MINGGUAN
PELAYANAN KONSELING


• Volume kegiatan mingguan konselor memperhatikan :

 Peserta didik yang diasuh konselor : 150 orang
 Jumlah jam pembelajaran wajib : 24 jam pembelajaran
 Satu kali kegiatan layanan atau pendukung ekuivalen dengan : 2 jam pembelajaran

• Berdasarkan hal-hal tersebut kegiatan mingguan konselor minimal berupa 9 (sembilan) kali kegiatan (layanan atau pendukung)

• Semua kegiatan (minimal) tersebut secara langsung ditujukan kepada 150 peserta didik yang diasuh konselor.

• Semua kegiatan (minimal) diselenggarakan di dalam dan di luar kelas sewaktu jam pembelajaran berlangsung.













UNSUR – UNSUR POKOK
PELAKSANAAN PELAYANAN KONSLING DAN PELAPORAN
PROGRAM BIMBINGAN KONSELING
DI SEKOLAH

Melaksanakan tugas pelayanan profesional konseling yang setiap kali dipertanggungjawabkan kepada pemangku kepentingan, terutama pimpinan sekolah / madrasah, orang tua, dan peserta didik.

Unsur-unsur pokok dalam tugas pelayanan konseling di sekolah / madrasah :

 Jumlah peserta didik yang diasuh seorang konselor 150 orang. Konselor wajib memberikan pelayanan konseling kepada seluruh peserta didik yang diasuhnya sesuai kebutuhan dan masalah masing-masing.
 Program tahunan, semesteran, bulanan, mingguan, dan kegiatan harian pelayanan konseling.
 SATLAN, SATKUNG, dan LAPELPROG.
 Pelayanan terhadap masing-masing peserta didik yang diasuh sebanyak minimal 5 (lima) kali kegiatan pelayanan konseling setiap semester.
 Jumlah jam pembelajaran wajib pelayanan konseling seminggu ekuivalen dengan jam pembelajaran wajib guru. Jumlah jam pembelajaran wajib ini dihitung dengan menggunakan Format Perhitungan Jam Kegiatan Pelayanan Konseling di Sekolah/Madrasah.


FORMAT
PERHITUNGAN JAM KEGIATAN
PELAYANAN KONSELING DI SEKOLAH/MADRASAH

SEKOLAH/MADRASAH : ...............................
BULAN/TAHUN : ...............................
KONSELOR : ...............................

No Jenis Kegiatan Minggu I Minggu II Minggu III Minggu IV Jumlah
Frek Ek.Jp Frek Ek.Jp Frek Ek.Jp Frek Ek.Jp Frek Ek.Jp
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12
1. Layanan Orientasi
2. Layanan Informasi
3. Layanan Penempatan/Penyaluran
4. Layanan Penguasaan Konten
5. Layanan Konseling Perorangan
6. Layanan Bimbingan Kelompok
7. Layanan Konseling Kelompok
8. Layanan Konsultasi
9. Layanan Mediasi
10. Aplikasi Instrumentasi
11. Konferensi Kasus
12. Kunjungan Rumah
Jumlah

Rata - rata perminggu : ∑ JP/4 = ............................... JP

Keterangan : Konselor
o Kegiatan pendukung Himpuan Data, Tampilan Kepustakaan, dan Alih
Tangan Kasus tidak diperhitungkan ke dalam jam pembelajaran
o Frek = Frekuensi banyaknya kegiatan layanan/pendukung
o JP = Jam Pembelajaran ( .......................)
o Ek.Jp = Ekuivalensi Jam Pembelajaran












KARTU KONSELING

Nama/Kelas : ____________________________________
Alamat : ____________________________________
Nama Ortu : Ayah : _________________ Ibu : ______________________
Pekerjaan : Ayah : _________________ Ibu : ______________________
No telpon : Ayah : _________________ Ibu : ______________________


NO KONS/ MASALAH URAIAN HASIL TINDAK LANJUT PARAF



































































































…………, ………………………
Pembimbing,



……………………..
NIP

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More