Kamis, 29 Maret 2012

ptk bk

LEWIN (1997)
PTK DIBAGI MENJADI TIGA TAHAP PROSES SPIRAL TENTANG :
PERENCANAAN YANG MELIPUTI PENELITIAN PENDAHULUAN (RECONNAISSANCE)
PENGAMBILAN TINDAKAN
PENGERTIAN TINDAKAN KELAS
HOPKIN (1993 : 1)
TINDAKAN YANG DIAMBIL GURU UNTUK MENINGKATKAN DIRINYA ATAU TEMAN SEJAWATNYA UNTUK MENGUJI ASUMSI-ASUMSI TEORI PENDIDIKAN DI DALAM PRAKTEK, ATAU MEMPUNYAI MAKNA SEBAGAI EVALUASI DAN IMPLEMENTASI KESELURUHAN PRIORITAS SEKOLAH.

PENGAMBILAN DATA TENTANG HASIL TINDAKAN YANG DILAKUKAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Oleh :
Drs. Tatang Sunendar, M.Si.


DEPARTEMENT PENDIDIKAN NASIONAL
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR MENENGAH
LEMBAGA PENJAMIN MUTU PENDIDIKAN JAWA BARAT
TAHUN 2005
CALHOUN (1994)
PENELITIAN TINDAKAN KELAS ADALAH CARA YANG MENARIK UNTUK MENGAJAK, MEMPELAJARI HAL-HAL YANG TERJADI DI DALAM SEKOLAH DAN MENENTUKAN CARA MEMBUAT SUASANA MENJADI LEBIH BAIK
LANGKAH-LANGKAH PTK
IDENTIFIKASI MASALAH
PERUMUSAN MASALAH
PERUMUSAN TUJUAN
PENELAAHAN KEPUSTAKAAN
PERUMUSAN HIPOTESIS
PENETAPAN LANGKAH-LANGKAH PENGAMBILAN DATA
PENETAPAN LANGKAH-LANGKAH PENGOLAHAN DATA
PENGUMPULAN DATA
PENULISAN LAPORAN PENELITIAN

DISAIN PTK
REFLEKSI AWAL

PERENCANAAN PELAKSANAAN OBSERVASI REFLEKSI
TINDAKAN 1 TINDAKAN 1 DAN EVALUASI

REVISI PELAKSANAAN OBSERVASI REFLEKSI
TINDAKAN 1 TINDAKAN 2 DAN EVALUASI
PERENCANAAN
TINDAKAN 2

REVISI TINDAKAN 2
PERENCANAAN TINDAKAN 3
KEUNGGULAN PTK
PRAKTIS DAN LANGSUNG RELEVAN UNTUK SITUASI YANG AKTUAL
KERANGKA KERJANYA TERATUR
BERDASARKAN PADA OBSERVASI YANG NYATA DAN OBJEKTIF
FLEKSIBEL DAN ADITIF
DAPAT DIGUNAKAN UNTUK INOVASI PEMBELAJARAN
DAPAT DIGUNAKAN UNTUK MENGEMBANGKAN KURIKULUM TINGKAT KELAS
DAPAT DIGUNAKAN UNTUK MENINGKATKAN KEPEKAAN ATAU PROFESIONALISME GURU
KELEMAHAN PTK
KURANG TERTIB ILMIAH, KARENA VALIDITAS INTERNAL DAN EKSTERNALNYA LEMAH
TUJUAN PENELITIANNYA BERSIFAT SITUASIONAL
SAMPELNYA TERBATAS SEHINGGA KURANG REPRESENTATIF DAN KONTROLNYA TERHADAP VARIABEL BEBAS SANGAT SEDIKIT
KARAKTERISTIK PTK
ADANYA MASALAH DALAM PTK DIPICU OLEH MUNCULNYA KESADARAN PADA DIRI GURU
SELF REFLECTIVE INGUIRY ATAU PENELITIAN MELALUI REFLEKSI DIRI
DILAKUKAN DI DALAM KELAS SEHINGGA FOKUS PENELITIAN INI ADALAH KEGIATAN PEMBELAJARAN BERUPA PERILAKU GURU DAN SISWA DALAM MELAKUKAN INTERAKSI
PTK BERTUJUAN UNTUK MEMPERBAIKI PE,BELAJARAN
MANFAAT PTK BAGI GURU
UNTUK MEMPERBAIKI PEMBELAJARAN
GURU LEBIH PERCAYA DIRI
BERKEMBANG SECARA PROFESIONAL
BERPERAN AKTIF MENYUMBANGKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN SENDIRI
DALAM MEMILIH MASALAH PERLU DIPERHATIKAN :
JANGAN MEMILIH MASALAH ANG TIDAK DIKUASAI
AMBILLAH TOPIK YANG SKALANYA KECIL DAN RELATIF TERBATAS
PILIH MASALAH YANG DIRASAKAN PALING PENTING BAGI ANDA DAN SISWA
USAHAKAN DAPAT DIKERJAKAN SECARA KOLABORATIF
KAITKAN MASALAH PTK DENGAN PRIORITAS RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH
FORMAT PROPOSAL
HALAMAN JUDUL
HALAMAN PENGESAHAN
RANCANGAN PELAKSANAAN PTK
1.JUDUL
2.LATAR BELAKANG MASALAH
3.PERMASALAHAN
4.CARA PEMECAHAN MASALAH
5.TUJUAN DAN MANFAAT PTK
6.KERANGKA TEORITIS DAN HIPOTESIS
7.RENCANA PENELITIAN
A.PENATAAN PENELITIAN
B.FAKTOR YANG DISELIDIKI
C.RENCANA KEGIATAN
D.DATA DAN CARA PENGUMPULAN DATA
E.TIM PENELITI
8.JADWAL PENELITIAN
9.RENCANA ANGGARAN

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More